Scroll to Top

Margaret Thatcher Meninggal: Kenangan di Indonesia dan Liga Inggris

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 10 Apr 2013

Margaret Thatcher 2

Margaret Thatcher, mantan perdana menteri Inggris, meninggal pada 8 April 2013 lalu. Ketika berkuasa, perempuan yang dijuluki Wanita Besi pernah terlibat dalam beberapa proyek di Indonesia. Uniknya, di Liga Inggris, tak seperti biasa, tidak ada acara mengheningkan cipta bagi Thatcher. Mengapa?

Lumrahnya, sebelum pertandingan Liga Inggris digelar dalam waktu yang berdekatan dengan meninggalnya seorang tokoh besar, senantiasa ada acara mengheningkan cipta barang semenit. Namun, pada saat Manchester City menekuk Manchester United 1-2 di Old Trafford, tidak ada hal tersebut untuk mengenang sosok Margaret Thatcher.

Margaret Thatcher

Demikian pula untuk pertandingan Liga Inggris hari Sabtu, serta pertandingan semifinal Piala FA antara Chelsea melawan Manchester City pada Minggu mendatang,

Masyarakat sepakbola Inggris sendiri, terbelah. Sebagian besar memang tidak menaruh simpati pada cara Thatcher dalam menangani fans sepakbola. Termasuk yang terutama, yang berkaitan dengan Tragedi Hillsborough.

Di lain pihak, seperti yang ditelusuri TEMPO, Thatcher yang meninggal Senin lalu karena stroke, memiliki andil besar bagi perkembangan industri di Indonesia.

Inggris pada masa pemerintahannya, membantu pembangunan pembangkit tenaga listrik Mrica, Jawa Tengah dengan dana sebesar 24,5 juta poundsterling. Masing-masing via Aid & Trade Provision (ATP) dan Commonwealth Development Corporation (CDC).

Thatcher juga mengucurkan dana 8 juta poundsterling untuk generator listrik di berbagai daerah terpencil. Angka yang sama dikeluarkan untuk pembangunan kabel bawah laut antara Jawa Timur dan Madura. Juga pengembangan tambang batu bara di Ombilin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda