Scroll to Top

60.000 Aplikasi Ditendang dari Google Play Store

By Ditya / Published on Wednesday, 10 Apr 2013
Google Play Store
Google Play Store

Google akhirnya menghapus sekitar 60.000 aplikasi dari toko aplikasi Google Play Store karena disinyalir sebagai aplikasi spam, sampah, atau kurang relevan. Ditendangnya 60.000 aplikasi dari Google Play ini adalah komitmen Google untuk menghadirkan aplikasi yang berkualitas bagi pengguna sistem operasi Android.

Sebagian aplikasi Android sering disebut sebagai aplikasi sampah, kurang berguna, atau bahkan spam. Hal ini membuat Android menjadi identik dengan aplikasi gratis yang kurang berkualitas. Google akhirnya mengambil langkah tegas untuk membuang sekitar 60.000 aplikasi yang dianggap kurang berguna dari Google Play Store.

Beberapa aplikasi yang dihapus dari Play Store dilakukan sendiri oleh pengembangnya sendiri. Sebagian besar aplikasi yang terkena dampak pembersihan oleh Google di Play Store adalah aplikasi yang berbau mp3 atau ringtone yang dibuat oleh pengembang yang mencurigakan.

Tak seperti Apple yang menerapkan seleksi yang ketat untuk aplikasi yang akan tampil di iTunes App Store, Google memang menerapkan aturan yang lebih longgar bagi pengembang yang ingin mengirimkan aplikasinya ke Play Store. Sayangnya, kelonggaran ini dimanfaatkan oleh pihak yang kurang bertanggung jawab dengan merilis aplikasi sampah, spam, bahkan mengandung malware.

Kontrol yang longgar di toko aplikasi resmi untuk Android ini sempat membuat beberapa program jahat atau malware lolos dan menginfeksi pengguna. Tak hanya itu, Google juga sempat kecolongan dengan munculnya aplikasi palsu yang dikembangkan oleh pengembang yang mencurigakan.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (09/04/2013), ditendangnya 60.000 aplikasi yang dianggap tak berguna dari Play Store ini adalah upaya Google untuk menunjukkan komitmen untuk menghadirkan aplikasi yang berkualitas di Android.

Saat ini jumlah aplikasiyang terdapat di Google Play Store telah mencapai lebih dari 700.000 dan bersaing dengan Apple iTunes App Store yang telah mencapai sekitar 800.000 lebih aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda