Duo Liga Jerman vs Duo Liga Spanyol di Semifinal Liga Champions

Hasil Liga Champion pada Kamis, 11 April 2013 membuat Bayern Munchen dan Barcelona memastikan lolos ke semifinal mengikuti jejak Borussia Dortmund dan Real Madrid sehari sebelumnya. Adalah sebuah kebetulan unik jika kita melihat empat tim yang lolos ke empat besar Liga Champions. Bukan hanya karena terbagi rata, dua wakil Liga Jerman dan wakil Liga Spanyol. Tetapi juga, karena masing-masing adalah rival abadi dalam sejarah liga masing-masing sepanjang puluhan tahun.

Tengoklah Barcelona dan Real Madrid. Duel El Clasico yang mempertemukan keduanya selalu menyedot perhatian dunia. Gaung duel Barca vs Madrid semakin terasah belakangan, terutama sejak dua pemain terbaik dunia, sama-sama mengisi posisi sebagai penyerang utama kedua klub. Siapa lagi kalau bukan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang senantiasa dibanding-bandingkan itu.

Bayern Munchen vs Borussia Dortmund pun tak kalah klasik. Duel ini bisa dikatakan sebagai El Clasico-nya Liga Jerman. Apalagi, dalam tiga tahun terakhir, Dortmund dua kali menjuarai Bundesliga. Meskipun tahun ini mereka gagal menahan Bayern dengan selisih poin yang sangat masif, siapa pun tidak akan berani meremehkan pasukan Juergen Klopp.

Tidak akan menjadi masalah siapa bertemu siapa dalam undian yang akan digelar pada Jumat, 12 April mendatang. Apakah El Clasico-nya Spanyol dan El Clasico-nya Jerman di semifinal. Ataukah duel klasik Bayern Munchen vs Real Madrid dan duel ‘kekuatan baru’ Barcelona vs Borussia Dortmund, atau bentuk undian lain.

Andai Real Madrid tak bertemu Barca dan bersua salah satu dari klub Jerman, lantas lolos, tentu bagi Barca sangat gengsi, jika tak bisa ke partai puncak bertemu sang rival. Demikian pula di kubu dua klub Bundesliga.

Pasangan Liga Spanyol dan Liga Jerman ini telah memiliki persaingan tingkat tinggi dalam puluhan tahun; yang pastinya akan membuat laga empat besar semakin panas.