Scroll to Top

Alasan Mengapa Bersepeda Adalah Olahraga yang Komplit

By C Novita / Published on Thursday, 11 Apr 2013

bersepeda sehat

Jika biasanya untuk melatih setiap bagian otot di tubuh, Anda memerlukan latihan yang berbeda-beda, maka dengan bersepeda hampir semua otot tubuh bisa dilatih. Itulah mengapa bersepeda adalah olahraga yang komplit.

Ingin tahu apa saja manfaat dari bersepeda untuk setiap bagian tubuh? Boldsky merilisnya untuk Anda:

  • Menurunkan berat badan. Bersepeda hampir mirip dengan aerobik, yaitu mampu membuat Anda kehilangan kalori yang cukup banyak. Ini berguna bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sambil tetap menjaga kebugaran.
  • Meningkatkan stamina. Bersepeda butuh banyak kekuatan dan stamina. Bila rute dan tingkat kesulitan dalam bersepeda Anda tingkatkan perlahan-lahan, maka stamina Anda akan meningkat pula.
  • Menguatkan paru-paru. Saat bersepeda, Anda mendapatkan lebih banyak udara segar pada paru-paru Anda. Tekanan pada paru-paru saat menghirup dan memompa kembali udara juga lebih kuat, sehingga kapasitasnya juga meningkat.
  • Baik untuk lutut. Bersepeda teratur dapat meningkatkan kekuatan lutut, dan terhindar dari nyeri sendi.
  • Otot perut. Menghilangkan lemak pada perut bisa juga dilakukan dengan bersepeda. Gerakan membungkuk dan tegak saat Anda sedang mengatur kecepatan kayuh, otomatis baik bagi otot perut dan pinggang.
  • Otot betis. Bersepeda akan melatih otot betis Anda bahkan lebih baik dibanding gym. Saat mengayuh, otot betis bekerja maksimal hingga membuatnya langsing dan kuat.
  • Otot jantung. Bersepeda adalah latihan kardio yang baik, sebab saat Anda mengayuh maka darah beroksigen segar beredar ke seluruh tubuh dan membersihkan sistem peredaran darah.
  • Menghilangkan stres. Bandingkan dengan olahraga di gym yang tertutup, dengan mengayuh sepeda di luar ruangan dengan pemandangan yang berbeda-beda. Stres akan hilang dengan pemandangan yang Anda lihat, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda