Scroll to Top

PSSI Sebut Persebaya 1927 Palsu

By Aditya / Published on Thursday, 11 Apr 2013

Persebaya IPL

PSSI melalui La Nyalla Mattalitti selaku Wakil Ketua Umum yang ditunjuk di KLB PSSI beberapa waktu lalu sekaligus sebagai anggota Exco PSSI menyebut bahwa Persebaya 1927 yang berlaga di kompetisi Indonesia Premier League (IPL) adalah Persebaya palsu. Dengan demikian, kepengurusan PSSI saat ini mengakui Persebaya yang berkiprah di Divisi Utama (DU) PT Liga Indonesia sebagai tim yang asli.

“Apa ini (Persebaya 1927) yang dianggap asli? Tidak bisa, Persebaya 1927 ikut IPL,” tukas La Nyalla Mattalitti belum lama ini.

La Nyalla Mattalitti juga menyebut Persebaya 1927 yang kala itu dipimpin oleh Saleh Mukadar sudah keluar dari keanggotaan PSSI. Seharusnya, Persebaya Surabaya turun kasta ke Divisi Utama, namun tim Bajul Ijo kala itu justru memilih ikut IPL agar bisa tetap bertahan di kasta tertinggi kendati terjadi dualisme kompetisi dengan masih bergulirnya Indonesia Super League (ISL).

“Terlepas bahwa Nurdin Halid (mantan Ketua Umum PSSI) dulu itu mendzolimi Persebaya. Tapi ingat pada saat 2009 itu, Saleh Mukadar itu membawa Persebaya Surabaya didegradasi ke divisi utama, alasannya didzolimi karena lawan Persik (Kediri), terlepas dari alasan apapun saat itu. Kalau dia sudah berkhianat pada PSSI, kemudian dia tidak ikut kompetisi di PSSI, otomatis keluar kan?,” ujar La Nyalla Mattalitti.

Usai KLB PSSI tanggal 17 Maret 2013 silam, situasi memang menjadi terbalik. Persebaya 1927 yang semula bernaung di bawah kompetisi resmi PSSI kini menjadi tim yang dianggap abal-abal. Bahkan, tim Bajul Ijo terancam gulung tikar.

Mengenai wacana penggabungan antara Persebaya 1927 dan Persebaya DU, La Nyalla Mattalitti menolak tegas dan menyatakan tidak akan pernah ada merger.

“Tidak ada merger dari kita. Mana rekomendasinya, itu hanya omongan Saleh Mukadar saja. Duduk bersama, itu kan usulannya si Djohar, itu kalau mau Persebaya DU. Kalau tidak mau apa memaksakan PSSI,” tandas La Nyalla Mattalitti.

“Dan jangan memaksakan Persebaya 1927 abal-abal itu bahwa dia yang asli, tidak bisa! Inilah risiko dari perjuangan,” timpalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda