Scroll to Top

Intel Celeron 1019Y ULV Diluncurkan, Solusi Murah untuk Ultrabook & Tablet

By Ditya / Published on Thursday, 11 Apr 2013

CEO Intel

Intel diam-diam telah merilis prosesor murah untuk ultrabook dan tablet , yakni Celeron 1019Y ULV (Ultra-Low Voltage). Prosesor Intel Celeron 1019Y ULV ini adalah prosesor murah unruk perangkat hemat daya yang dikembangkan menggunakan basis arsitektur Intel Ivy Bridge.

Selama ini harga ultrabook dan tablet dengan sistem operasi Windows 8 Pro cukup tinggi dan membuat penjualan kedua perangkat tersebut kurang memuaskan. Tablet berbasis Windows 8 Pro ada yang dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif, tapi menggunakan prosesor Intel Atom yang kinerjanya kurang memuaskan.

Intel tampaknya membaca situasi ini dengan merilis prosesor Celeron 1019Y ULV sebagai solusi tablet dan ultrabook dengan harga yang lebih murah dan kinerja yang lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor Intel Atom. Prosesor Celeron 1019Y ULV ini diharapkan mampu membuat penetrasi tablet dan ultrabook Windows 8 Pro lebih baik di pasar.

Prosesor Intel Celeron 1019Y ULV ini mengusung spesifikasi yang tak terlalu tinggi, yakni dual-core yang berlari dengan kecepatan 1GHz yang dilengkapi dengan L3 cache sebesar 2MB. Intel Celeron 1019Y ULV ini juga menyertakan grafis terintegrasi dengan kecepatan 350MHz dan mode turbo hingga kecepatan 800MHz.

Intel Celeron 1019Y ULV ini telah mendukung teknologi virtualisasi. Sayangnya, Celeron 1019Y ULV ini tak dilengkapi dengan fitur andalan prosesor Intel, seperti Hyper-Threading dan Turbo Boost.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (10/04/2013), prosesor Intel Celeron 1019Y ULV ini mengonsumsi daya yang rendah, yakni dengan TDP (Thermal Design Power) sebesar 10W saja. Bahkan, Intel Celeron 1019Y ULV dapat bekerja dengan TDP 7W dengan performa yang diturunkan.

Prosesor Intel Celeron 1019Y ULV ini dijual dengan harga US $153 atau sekitar Rp 1,4 jutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda