Scroll to Top

Samsung Tak Dapat Jatah Produksi Prosesor Apple A7?

By Ditya / Published on Thursday, 11 Apr 2013
Apple A6
Apple A6

Samsung dikabarkan tak akan mendapat jatah untuk memproduksi prosesor Apple generasi berikutnya, Apple A7. Apple dikabarkan mencoret nama Samsung dari daftar produsen prosesor prosesornya dan beralih menggunakan jasa TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Company).

Hal ini berbeda dengan kabar sebelumnya yang menyebutkan Samsung masih mendapat jatah separuh dari jumlah produksi Apple A7 dan sisanya diproduksi oleh TSMC dan Intel. Tampaknya Apple ingin benar-benar lepas dari ketergantungan komponen Samsung.

Sebelumnya, Apple telah mengganti pemasok komponen layar pada iPad Mini dari Samsung ke Sharp dan LG. Beberapa produk terakhir besutan Apple tak lagi menggunakan chip memori buatan Samsung dan beralih ke chip memori buatan Micron atau Elpida.

Menurut informasi dari Korea Times, Apple akan merilis prosesor Apple A7 pada semester kedua tahun depan dan chip tersebut akan diproduksi dengan proses fabrikasi 20 nanometer. Korea Times juga mengatakan bahwa prosesor A7 tersebut tak diproduksi oleh Samsung, melainkan TSMC.

TSMC sendiri telah berpengalaman dalam memproduksi berbagai jenis chip prosesor dan grafis. Chip kartu grafis Nvidia GeForce, AMD Radeon, APU AMD adalah jajaran chip yang diproduksi oleh TSMC. Hal ini membuat Apple tak ragu lagi memilih TSMC untuk memproduksi prosesor A7.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (10/04/2013), kabar kehadiran prosesor Apple A7 ini sekaligus membantah spekulasi bahwa iPhone generasi baru yang diperkirakan akan meluncur tahun ini menggunakan prosesor Apple A7.

Korea Times juga mengatakan bahwa iPhone generasi baru tidak akan ditenagai oleh prosesor Apple A7 dan masih menggunakan versi perbaikan dari prosesor Apple A6X.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda