Scroll to Top

Timothy Doner, Remaja 17 Tahun Menguasai 23 Bahasa

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 11 Apr 2013

Timothy Doner

Ia masih sangat muda namun miliki kemampuan luar biasa. Bagaimana tidak, di usianya yang masih 17 tahun, Timothy Doner mampu berbicara 23 bahasa. Luar biasa bukan?

Berdomisili di New York, AS, Timothy Doner tak hanya fasih berbicara Bahasa Inggris. Kemampuannya ini dikenal dengan nama polyglot, mampu berbicara dalam pelbagai bahasa.

Menarik disimak alasan Timothy Doner hingga memelajari lebih dari satu bahasa. Mulanya ia tertarik dengan musik hip-hop Israel. Kemudia ia belajar Bahasa Ibrani.

Tak perlu menunggu lama, enam bulan kemudian ia fasih berbicara dalam bahasa tersebut. Menariknya lagi, bahasa-bahasa lainnya ia pelajari dari aplikasi iPhone dan buku. Tak sampai hitungan bulan, ia mampu melakukanya dalam beberapa minggu saja.

Sayangnya Timothy Doner kurang miliki minat belajar Bahasa Indonesia. Dalam waktu dekat, akunya, ia ingin belajar Bahasa Sudan dan Melayu. Lantas bagaimana sosok Timothy Doner bisa sangat terkenal?

Kepopulerannya dimulai dari Youtube. Dalam sebuah video yang diunggah, Timothy Doner fasih berbicara dalam 20 bahasa yang berbeda berturut-turut tanpa jeda. Menurutnya belajar bahasa asing bisa membantu memahami orang lain.

Dalam pada itu Timothy Doner tidak sekadar menguasai bahasa populer seperti Prancis, Spanyol, Italia, Jerman, Arab, Cina, Jepang, dan Latin. Dia juga fasih berbicara isiXhosa (bahasa resmi Afrika Selatan), Wolof (Gambia, Swahili, dan Ojibwe), bahasa asli Amerika, Yunani kuno, dan Pashto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda