Scroll to Top

Hasil Kualifikasi Euro 2012 Grup I: Skotlandia Ditahan 2-2 oleh Republik Ceska

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 04 Sep 2011

Tidak ada yang bisa mengalahkan Spanyol dari puncak klasemen Grup I Euro 2012. Baru bermain lima kali, La Furia Roja selalu menang dan memperoleh nilai 15. Alhasil, empat negara lain saling berebut untuk mencari posisi runner-up demi merangkai asa ke Euro 2012.

Tiket untuk lolos sebagai salah satu runner-up terbaik sementara dipegang Republik Ceska. Skotlandia yang semestinya bisa menipiskan jarak dengan Ceska, dipaksa bermain imbang 2-2 dalam lanjutan kualifikasi Euro 2012. Dengan satu poin, Skotlandia cuma bisa berdiri sejajar dengan Lithuania dan Liechtenstein.

Dalam pertandingan yang digelar di Hampden Park, Glasgow, ini sebenarnya Skotlandia berhasil unggul dua kali. Namun, Republik Ceska senantiasa mampu membuat keadaan seimbang. Termasuk, mencetak sebuah penalti di penghujung pertandingan.

Setelah hampir bermain 0-0 di babak pertama, Skotlandia sukses membobol gawang Republik Ceska pada detik-detik terakhir 45 menit pertama. Pelakunya adalah Kenny Miller. Menerima umpan kapten Darren Fletcher, Miller menuntaskan keinginannya menaklukkan kiper Jan Lastuvka.

Namun, babak kedua Republik Ceska menyengat. Dikomandoi Tomas Rosicky dan veteran Liverpool, Milan Baros, mereka mampu menguasai awal-awal babak kedua. Gawang Skotlandia yang dikawal Allan McGregor pun bocor di menit 78 melalui Jaroslav Plašil.

Butuh empat menit bagi Skotlandia untuk kembali unggul. Kali ini, bertukar posisi dari gol babak pertama, Miller menjadi arsitek gol Fletcher di menit 82.

Ketika semuanya hampir berjalan untuk kemenangan Skotlandia, Jan Rezek dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain pengganti, Danny Wilson pada menit-menit terakhir. Michal Kadlec pun menghukum kelalaian bek tersebut dengan gol penalti. 2-2, Republik Ceska pun lebih santai menemani Spanyol. Sementara, Skotlandia berbagi posisi dengan dua tim terbawah di Grup I.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda