Scroll to Top

Kopi Tubruk, Cara Minum Kopi Khas Indonesia

By C Novita / Published on Friday, 12 Apr 2013

kopi tubruk

Ada begitu banyak warung kopi tradisional di Indonesia, tempat para lelaki duduk-duduk dan berbincang. Minuman andalan mereka apa lagi kalau bukan kopi tubruk, cara menghidangkan kopi yang khas Indonesia.

Tak butuh mesin pembuat kopi yang mahal, atau barista berpengalaman untuk bisa meracik kopi tubruk lezat dan enak. Bahkan ibu-ibu tua pun mahir membuat kopi tubruk yang disukai oleh penginjung warung kopi tersebut.

Kopi tubruk sendiri konon berasal dari bahasa Jawa yang artinya “tabrak” atau “menabrak”. Karena komposisinya yang sederhana; hanya gula, kopi murni, dan air panas mendidih yang saling bertabrakan dalam gelas dengan sendok adukannya.

Namun jangan ditanya nikmatnya. Aroma kopi tubruk tak kalah dengan kopi luar negri yang disajikan di lapak kopi luar negri dengan harga berlipat lebihmahal.

Tak salah lagi, ini yang membuat warung kopi tradisional tak pernah sepi dari penggemar kopi yang ingin menikmati aroma wangi dan rasa khas nya. Bahkan kini minum kopi tubruk sudah menjadi budaya rakyat Indonesia yang bersahaja.

Kini, kopi tubruk tak hanya bisa ditemukan di warung kecil pinggir jalan, resto terkenal pun mulai menghidangkan kopi tubruk dengan variasi tambahan lain yang membuatnya lebih lezat. Misalnya saja coklat, kayu manis, cabai, atau bahkan krim sebagai pelengkap.

Hmm.. sudahkan Anda minum kopi hari ini?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda