Scroll to Top

TeamViewer: Kendalikan Komputer Jarak Jauh via Koneksi Internet

By Ditya / Published on Friday, 12 Apr 2013
TeamViewer
TeamViewer

TeamViewer adalah sebuah software yang berfungsi sebagai remote desktop untuk mengakses dan mengendalikan komputer dari jarak jauh via koneksi internet. Aplikasi ini sering digunakan oleh staff IT untuk mengakses, mengendalikan, dan mengatasi masalah yang dialami oleh komputer client.

TeamViewer  dikembangkan oleh TeamViewer  GmbH yang didirikan pada tahun 2005 di Unhingen, Jerman. Secara umum, TeamViewer memiliki empat fitur utama, yakni Remote Support, Presentation, File Transfer, dan VPN. Remote Viewer adalah fitur paling populer dan paling sering digunakan oleh pengguna TeamViewer.

Kelebihan lain dari TeamViewer adalah sifatnya yang cross-platform atau mendukung banyak platform. Saat ini TeamViewer telah mendukung sistem operasi Windows, Windows RT, Mac OSX, Android, Apple iOS, dan Samsung QuickSupport.

Cara install dan penggunaan aplikasi TeamViewer cukup mudah. Setelah aplikasi TeamViewer terinstall, cukup jalankan aplikasi TeamViewer dan klik new session untuk mengakses atau mengendalikan komputer dengan memasukkan ID dan password komputer yang akan di-remote.

TeamViewer ID

Aplikasi TeamViewer masing-masing platform dapat mengendalikan komputer dari platform lain, misal pengguna ingin mengendalikan komputer berbasis Windows melalui aplikasi TeamViewer dari platform lain, yakni TeamViewer Mac OSX atau TeamViewer Android. Berikut beberapa syarat utama untuk menjalankan aplikasi TeamViewer:

  • Kedua perangkat atau komputer telah ter-install aplikasi TeamViewer.
  • Kedua perangkat atau komputer telah tersambung ke internet.
  • Masukkan kode ID dan password perangkat atau komputer yang akan dikendalikan dari jarak jauh. Password ini dapat menggunakan mode dynamic atau statis yang ditentukan sendiri.

Kemampuan aplikasi TeamViewer ini sangat bermanfaat bagi seorang staff IT maupun pengguna biasa untuk mengelola dan mengatasi masalah yang dialami komputer klien. Penasaran? Silahkan unduh TeamViewer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda