Scroll to Top

AMD: Sony PS 4 akan Tampilkan Efek Game Luar Biasa & Realistis

By Ditya / Published on Friday, 12 Apr 2013
kontroler PS 4
DualShock 4 dilengkapi Touchpad

Gerah dengan ejekan Nvidia, AMD akhirnya angkat bicara mengenai konsol PlayStation 4 atau PS 4. Arsitek grafis AMD, John Gustafson, mengatakan bahwa konsol PS 4 mampu menghasilkan efek game yang luar biasa dan realistis berkat teknologi arsitektur heterogen AMD APU yang diusung oleh konsol besutan Sony tersebut.

Sebelumnya Nvidia melontarkan ejekan terkait spesifikasi yang diusung oleh konsol PS 4. Nvidia menganggap bahwa konsol PS 4 itu kuno dan dilengkapi grafis yang kurang bertenaga. Bahkan, Nvidia menawarkan teknologi PhysX dan APEX untuk menghasilkan efek yang realistis di konsol PS 4.

Hal ini membuat AMD gerah dan mengatakan bahwa Nvidia mengejek PS 4 karena gagal menjadi pemasok komponen konsol terbaru Sony tersebut. AMD juga mengatakan bahwa konsol PS 4 mengusung arsitektur grafis dan prosesor terbaru yang mempu menghasilkan efek yang luar biasa dan realistis.

“Sepertinya mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik dari engineering. CPU dan GPU adalah pada chip yang sama, yang memecahkan banyak masalah, misalnya, Anda tidak perlu membuang hal-hal ke kartu grafis dan mencoba untuk mendapatkan mereka kembali dan sebagainya,” kata John Gustafson, arsitek grafis AMD.

Sony PS 4 ini ditenagai oleh prosesor x86 besutan AMD, yakni AMD Jaguar 8 core yang dipadukan dengan grafis AMD Radeon HD berarsitektur GCN (Graphics Core Next) dan didukung dengan unified memori sebesar 8GB GDDR5.

AMD mengatakan bahwa yang digunakan oleh konsol PS 4 ini adalah SoC (System on Chip) yang bisa disebut dengan custom APU yang diintegrasikan dengan grafis GCN dengan 1.152 stream prosesor yang diklaim mampu menghasilkan kinerja hingga 1,84 TFLOPS.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (11/04/2013), konsol Sony PS 4 ini dilengkapi dengan Blu-ray disc drive yang mampu membaca BDS dengan kecepatan 6x dan DVD dengan kecepatan 8x. Konsol ini juga dilengkapi dengan port USB 3.0, Gigabit Ethernet, WiFi, Bluetooth 2.1, HDMI, dan menggunakan kontroler DualShock 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda