Scroll to Top

Lionel Messi Alami, Cristiano Ronaldo Produk Buatan

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 13 Apr 2013

Lionel Messi Alami, Cristiano Ronaldo Produk Buatan

Lionel Messi hebat secara natural, sementara Cristiano Ronaldo digdaya karena diasah dengan latihan. Demikian yang diucapkan oleh seorang Zlatan Ibrahimovic, penyerang ‘bandel’ PSG yang baru saja tersingkir dari Liga Champion oleh Barcelona. Ibra juga memberikan pendapatnya tentang Pep Guardiola, plus meyakini Jose Mourinho adalah pelatih terbaik dunia.

“Kehebatan Lionel Messi terjadi secara alami, sementara Cristiano Ronaldo dari latihan yang keras,” cetus Ibracadabra ketika diminta membandingkan siapa yang lebih hebat antara King Leo dan CR7.

Ibrahimovic memang menilai Messi sebagai pribadi istimewa. Namun, ia juga menjelaskan bahwa King Leo merupakan anak emas di Barcelona.

“Ketika saya berada di Barcelona, segalanya awalnya berjalan baik. Hingga, Messi mulai berbicara tentang keinginannya bermain lebih di tengah, bukan lagi di sayap (dan dikembangkan Pep Guardiola dengan skema false nine). Jadi, sistem pun berubah dari pola 4-3-3 menjadi 4-5-1. Saya dikorbankan (demi Messi) dan tak lagi memiliki kebebasan di lapangan,” cetus pemain Swedia.

Mantan penyerang AC Milan tidak lantas menyalahkan Pep Guardiola yang membuat kariernya di Barcelona hanya sesaat. Bagi Ibrahimovic, Pep tetaplah pelatih fantastis.

“Selama ini saya berbicara tentang Pep dari sisi sebagai manusia, bukan pelatih. Sebagai pelatih, dia hebat. Tapi, sebagai orang …. kita bisa mendiskusikannya (‘tidak terlalu istimewa’).”

Ibrahimovic yang kini berjuang agar PSG berhasil meraih gelar juara Ligue 1 juga menyatakan, Fabio Capello dan Jose Mourinho adalah pelatih terbaik dunia. Sementara, bek terbaik sepanjang masa, adalah Paolo Maldini.

Pemain yang ingin menjadi pengacara andai tak bermain sepakbola, juga menyatakan, setahun di Barcelona adalah masa untuk menimba pengalaman. Dan ia hanya mempunyai hal-hal positif untuk dibahas seputar Barcelona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda