Scroll to Top

AMD Centurion, Prosesor 8 Core dengan Kecepatan 5 GHz?

By Ditya / Published on Saturday, 13 Apr 2013
AMD FX
AMD FX

Advanced Micro Device atau AMD dikabarkan tengah menyiapkan sebuah prosesor super yang menggunakan nama sandi Centurion yang mengusung 8 core yang berlari dengan kecepatan 5GHz. Prosesor AMD Centurion ini kabarnya diproduksi terbatas untuk bersaing dengan prosesor Intel seri Extreme.

Sebuah sumber anonim mengatakan bahwa saat ini AMD tengah menyiapkan prosesor super bernama Centurion yang dilengkapi dengan 8 core dengan kecepatan yang cukup tinggi, yakni 5GHz. Kehadiran prosesor super AMD Centurion ini akan mengisi pasar kelas atas dan diproduksi secara terbatas.

Prosesor AMD Centurion ini dikembangkan dari generasi prosesor AMD Vishera yang menggunakan arsitektur Piledriver. Secara umum, tak ada perbedaan antara prosesor AMD FX yang ada saat ini dengan prosesor AMD Centurion selain kecepatannya yang sangat tinggi.

Saat ini, prosesor AMD seri tertinggi adalah AMD FX-8350 8 core dengan kecepatan 4GHz dan menggunakan TDP (Thermal Design Power) 125W yang dilengkapi dengan L3 cache sebesar 8MB. Prosesor ini menggunakan arsitektur AMD Piledriver yang diklaim 10% lebih cepat ketimbang generasi sebelumnya.

Sedangkan prosesor AMD Centurion mengusung spesifikasi yang hampir sama dengan prosesor AMD FX-8350 diatas, hanya saja berlari dengan kecepatan 5GHz dan menggunakan pendingin udara. Harga prosesor AMD Centurion ini dikebarkan sekitar US $795 atau sekitar Rp 7,8 juta, bandingkan dengan AMD FX-8350 yang berada dikisaran Rp 1,9 jutaan saja.

Kabar kehadiran prosesor “Super FX” AMD Centurion ini mengejutkan, mengingat hal ini tak tercantum dalam roadmap AMD. Tahun ini, AMD berencana akan merilis prosesor terbaru berbasis arsitektur baru, yakni Steamroller yang rencananya akan dirilis akhir tahun ini.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (12/04/2013), sampai saat ini AMD enggan menanggapi kabar kehadiran prosesor super yang disebut dengan AMD Centurion tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda