Scroll to Top

Microsoft Bing Lima Kali Berisiko Mengandung Malware Dibanding Google

By Ditya / Published on Saturday, 13 Apr 2013

Microsoft Bing

Sebuah laporan menyebutkan bahwa mesin pencari Microsoft Bing lima kali berisiko mengandung malware dibanding mesin pencari saingannya, Google. Hal ini cukup mengejutkan mengingat Microsoft menggadang-gadangkan bahwa mesin pencari Bing lebih baik dan lebih aman dari Google.

Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa mesin pencari Bing besutan Microsoft ini ternyata lima kali berisiko mengandung malware atau program jahat dibandingkan dengan Google.  Bahkan, beberapa website yang ditemukan melalui Bing diketahui berisi kode berbahaya.

Sebuah laboratorium independen asal Jerman, AV-Test, telah melakukan studi penelitian selama 18 bulan dan mengumpulkan sekitar 40 juta website yang disediakan oleh tujuh mesin pencari yang berbeda, salah satunya adalah Google dan Bing.

Dari 40 juta situs yang dikumpulkan, 10 juta situs berasal dari Google, 10 juta berasal dari Bing, 13 juta berasal dari mesin pencari asal Rusia, Yandex, dan sisanya berasal dari mesin pencari lain yang kurang populer, sebut saja Blekko, Faroo, Teoma, dan Baidu.

Anehnya, dari 40 juta situs yang berhasil dikumpulkan oleh AV-Test, hanya sekitar 5000 situs yang mengandung malware atau program jahat. Mesin pencari Yandex paling banyak menyumbangkan situs yang mengandung malware, kemudian disusul oleh Bing dengan 1.285 situs berbahaya, dan Google dengan 272 situs berbahaya.

Jelas, dari ketiga mesin pencari di atas, yang paling sering digunakan adalah Google dan Bing. Bing menghasilkan situs yang mengandung malware lima kali lebih banyak dari Google, yakni 1.285 situs. Google sendiri hanya menghasilkan 272 situs berbahaya.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (12/04/2013), pengguna sebaiknya tetap berhati-hati dan tidak membua sembarang situs yang ditampilkan oleh mesin pencari sebagai upaya untuk mengurangi risiko terserang malware.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda