Scroll to Top

Twitter SBY Tertinggal dari Pemimpin Negara Lain

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 13 Apr 2013

SBY

Patut diacungi jempol niatan SBY untuk membuat akun Twitter. Namun sejatinya keinginannya sudah sangat-sangat terlambat. Jika dibandingkan pemimpin negara lainnya, Twitter SBY bisa dikatakan telah tertinggal dibanding presiden dan pemimpin negara-negara tetangga.

Akun Twitter Verified (@Verified) miliki sebuah list yang berisi kumpulan akun para pemimpin dunia. Akun-akun ini telah terverifikasi dan memang mewakili sang pemimpin secara resmi. Entah itu kapasiatasnya sebagai presiden, raja atau ratu, maupun perdana menteri.

Di list tersebut tercantum 66 akun para pemimpin dunia. Tak usah jauh-jauh membandingkan dengan presiden AS, Barack Obama. Jika memang SBY jadi buat akun Twitter, di kawasan Asia Tenggara saja, niatannya sudah kalah oleh PM Malaysia Mohd Najib Tun Razak. Akun @NajibRazak telah berkicau sejak tahun 2008.

Lain pula dengan Thailand. Akun @PM_Abhisit milik mantan PM Abhisit Vejjajiva (2008 – 2011) juga telah berkicau sejak Mei 2009. Dalam pada itu, Noynoy Aquino, Presiden Filipina di akun @noynoyaquino telah berkicau sejak Obtober 2009.

Menurut temuan Digital Policy Council setidaknya 75% para pemimpin dunia menggunakan Twitter. Setidaknya ada 123 pemimpin negara yang berkicau di linimasa. Angka ini meningkat tajam jika dibandingkan tahun 2011 yang hanya mencapai 69 saja.

Dari beberapa akun Twitter para pemimpin dunia, Barack Obama menempati posisi terhormat sebagai presiden paling ‘narsis’. Ia miliki hampir 30 juta follower dan men-tweet sebanyak 9 ribu kali. Obama juga kerap berkicau namun dengan inisial ‘BO’.

Sebelum SBY memutuskan membuat akun Twitter, pihak Istana telah miliki akun official di @IstanaRakyat. Sepertinya akun ini satu paket dengan akun SBY yang mungkin saja akan segera meluncur dalam pekan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda