Scroll to Top

Baidu Yi, Modifikasi Android Dari Cina

By Ivan Azzam / Published on Sunday, 04 Sep 2011

Baidu, raksasa internet asal Cina, mengalami peningkatan keuntungan sejak keluarnya Google dari Cina 2010 lalu, dan Baidu terbukti memanfaatkannya dengan baik, kali ini Baidu memanfaatkan software open source Google untuk inspirasinya. Baidu telah membuat browser sendiri berbasis Chromium, dan kini Baidu mengambil langkah selanjutnya.

Pernah ada rumor yang mengatakan Baidu akan membuat sistem operasinya sendiri, seperti layaknya Google dengan Chrome OS, namun belum ada kabar lebih lanjut lagi mengenai hal tersebut. Baidu malah membuat sistem operasi mobile sendiri, Baidu Yi, yang didasarkan Android.

Beberapa fungsi utama dari Android dihilangkan, misalnya voice search, lalu Baidu juga menggantinya dengan versinya sendiri, ada Yue  untuk eBook, peta ala Baidu, dan Shen Bian, fitur mirip Google Places, hanya tempatnya berupa wilayah lokal.

Aplikasi musik Baidu Yi terintegrasi dengan Ting, yang diluncurkan tahun ini dan mendapat respon baik.

Seperti halnya Android, Baidu menawarkan fitur satu sign-in agar mudah mengakses berbagai layanan dan aplikasi berbasis cloud dari Baidu.

Baidu Yi akan berkompetisi dengan sistem operasi mobile yang juga dari Cina, Alibaba Cloud OS.

Baik Baidu dan Alibaba memiliki pangsa pasar yang cukup besar di Cina, dan sistem operasi mobile baru dari mereka ini memiliki dampak signifikan bagi persaingan pasar mobile internet di Cina. (via Geek)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda