Scroll to Top

Menekuk Rwanda 5-0 Pantai Gading Melangkah Mulus ke Piala Afrika 2012

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 04 Sep 2011

Pantai Gading menggunakan skuad liga Inggris ketika menghadapi Rwanda, tim terlemah di Grup H dalam kualifikasi Piala Afrika. Melihat Salomon Kalou dari Chelsea dan Gervinho dari Arsenal, Rwanda yang terbobol 10 gol dalam 4 pertandingan sebelumnya, langsung pucat pasi. Bahkan ketika pertandingan ini mereka berlaku sebagai tuan rumah.

Rwanda sempat bertahan selama 45 menit. Digempur sedemikian rupa, mereka belum terbobol. Namun, sekali Salomon Kalou menjaringkan gol di menit 45, pertandingan sepertinya sudah berakhir. Dalam masa injury babak pertama, Pantai Gading bisa menyarangkan dua gol lagi. Wilfried Bony pelakunya. Ia mengemas gol semenit setelah gol Kalou. Belum puas, semenit kemudian, ia kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Babak kedua, Pantai Gading masih tetap mendominasi. Lahirlah dua gol tambahan. Didier Konan Ya mencetak gol keduanya dalam kualifikasi pada menit 76. Lima menit kemudian, Gervinho yang digadang-gadang sebagai salah satu penyerang terberingas di Liga Inggris, menutup pertandingan.

Kemenangan telak Pantai Gading 5-0 ini membuat mereka tak pernah sekalipun seri atau kalah di Grup H. Total, mereka mencetak 17 gol. Artinya reratanya 3,4 gol setiap pertandingan.

Pantai Gading sudah pasti lolos ke Piala Afrika 2012. Kebetulan Piala Afrika ini akan diselenggarakan di dua negara, Gabon dan Guinea Khatulistiwa. Nama terakhir, berhasil memasukkan timnas sepakbola wanita mereka ke Piala Dunia 2011 di Jerman.

Kualifikasi Piala Afrika ini sendiri terbagi dalam 11 grup. Setiap juara grup akan lolos ke Gabon-Guinea Khatulistiwa. Sementara itu, dua runner-up terbaik plus runner-up Grup K (satu-satunya grup yang terdiri dari 5 negara) juga berhak menggapai turnamen terbesar di Afrika ini. Negara-negara yang sudah lolos dari kualifikasi adalah Pantai Gading, Botswana, Senegal, dan Burkina Faso.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda