Scroll to Top

WordPress Jadi Target Serangan Botnet

By Ditya / Published on Sunday, 14 Apr 2013

Wordpress

Akhir-akhir ini banyak situs yang menggunakan CMS (Content Management System) WordPress menjadi target serangan oleh botnet menggunakan metode brute force. Serangan yang dilakukan oleh botnet menggunakan metode brute force ini mengincar password situs yang berbasis WordPress.

Serangan yang dilakukan oleh botnet pada situs-situs yang menggunakan WordPress ini ternyata hanya berdampak bagi mereka yang masih menggunakan username default WordPress, yakni “admin” di situs mereka. Menurut analis perusahaan keamanan, para penyerang sedang membangun sebuah jaringan botnet besar yang jauh lebih kuat dari botnet sebelumnya.

Saat ini telah lebih dari 90.000 alamat IP (Internet Protocol) yang digunakan oleh penyerang untuk melakukan serangan brute force ini. Alamat IP ini menggunakan ribuan password untuk mendepatkan kendali situs berbasis CMS WordPress tersebut.

“Mesin-mesin yang lebih besar dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan dalam serangan DDoS karena server memiliki koneksi jaringan yang besar dan mampu menghasilkan sejumlah besar lalu lintas,” menurut Matthew Prince, CEO CloudFare.

Botnet yang bernama Brobot telah meluncurkan serangan DDoS (Distributed Denial of Service) ke banyak bank utama di Amerika Serikat, antara lain Bank of America, US Bank, Wells Fargo, dan banyak lagi. Serangan-serangan ini menyatakan bahwa saat ini botnet besar yang cukup kuat tengah dikembangkan.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (13/04/2013), serangan yang dilakukan oleh botnet ini juga merupakan sinyal himbauan pada administrator website yang menggunakan CMS WordPress yang masih menggunakan “admin” sebagai akun defaultnya.

Administrator situs WordPress disarankan segera mengganti username default “admin” dengan username lain yang unik dan sulit ditebak untuk menghindari ancaman serangan botnet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda