Scroll to Top

Sampah Bisa Menjadi Bahan Bakar Mobil?

By Ivan Azzam / Published on Sunday, 04 Sep 2011

Salah satu sumber tenaga yang ramah lingkungan yang mungkin bisa menjadi energi alternatif bahan bakar mungkin saja mudah didapat, apa itu? Jawabnya adalah sampah. Enerkem, perusahaan berbasis di Montreal, berbasis di Kanada, da Fiberight, berbasis di Maryland sedang mengusahakan membuat bahan bakar dari sampah.

Enerkem sudah ada sejak 2000 dan memiliki beberapa fasilitas di Kanada. Pabrik utamanya di Sherbrooke, Quebec, mengubah tiang listrik bekas menjadi methanol, asetat, ethanol, dan syngas. Pabrik masa depan bahkan mungkin menggunakan sampah sebagai bahan baku.

Sampah yang bisa didaur ulang dipisahkan, lalu material sampah yang tersisa dipanaskan pada 750 derajat Fahrenheit hingga mengeluarkan gas kaya hidrogen. Karbondioksida dan bahan beracun lainnya dihilangkan dari gas dan katalisator mengubah hidrogen tersebut menjadi methanol, yang bisa diolah lebih lanjut menjadi ethanol. Panas yang dibuat saat proses tersebut bisa digunakan untuk tenaga listrik atau mendidihkan air.

Fiberight, perusahaan sejenis yang berbasis di Maryland, berfokus pada produksi ethanol selulosa. Perusahaan ini membuat energi dari material seperti serat jalan.

Pabrik masa depan Enerkem, di Edmonton, Alberta akan bergantung pada 100.000 ton sampah untuk memproduksi 10 juta galon ethanol dan methanol.

Pemerintahan Alberta bahkan mendukung pabrik tersebut dengan menyuntikkan dana sebesar 23 juta dolar, dan Alberta Energy juga mendapat timbal balik sebesar 3,35 juta dolar. Perusahaan raksasa minyak Valero dan ahli sampah Waste Management juga menjadi investor di Enerkem. Enerkem berharap bisa membuka pabrik lagi di Mississipi dengan bantuan dana sebesar 50 juta dolar dari Departemen Energi AS dan pinjaman 80 juta dolar dari Departemen Agrikultur AS.

Kilang yang menggunakan sampah untuk membuat bahan bakar saat ini mungkin belum terlalu menjadi perhatian, namun jika sukses, mereka bisa mengurangi jumlah sampah yang ada. (via TechCrunch)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda