Scroll to Top

Nokia Lumia 920, Smartphone Windows Phone Terpopuler di Dunia

By Ditya / Published on Sunday, 14 Apr 2013
Nokia Lumia 920
Nokia Lumia 920

Menurut sebuah laporan terbaru dari AdDuplex, Nokia Lumia 920 adalah smartphone berbasis Windows Phone terpopuler di dunia saat ini. Tak hanya itu, AdDuplex juga menempatkan Nokia sebagai produsen smartphone Windows Phone terbesar dan terpopuler saat ini.

Smartphone Nokia Lumia 920 adalah flagship Windows Phone 8 besutan Nokia yang mengusung layar dengan resolusi 1280 x 768 yang ditenagai oleh prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon dengan kecepatan 1,5GHz serta mengusung kamera PureView dengan resolusi 8 megapiksel.

Saat ini, 57% smartphone Windows Phone yang beredar di pasar masih menggunakan Windows Phone 7 dan 43% menggunakan Windows Phone 8. Meski demikian, Nokia Lumia 920 yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 menjadi yang paling populer dengan menguasai 14% pasar dan diikuti oleh Lumia 800, Lumia 710, dan Lumia 820.

Meski saat ini pangsa pasar sistem operasi smartphone didominasi oleh Apple iOS dan Google Android, tapi Nokia dengan Windows Phone terus menunjukkan peningkatan. Nokia juga telah mendominasi produksi smartphone berbasis Windows Phone.

Berdasarkan data dari AdDuplex, Nokia menguasai 80% pangsa pasar smartphone berbasis Windows Phone, disusul oleh HTC yang menguasai 14% pasar, kemudian Samsung yang menguasai 5% pangsa pasar. Posisi keempat ditempati oleh LG (1%), Huawei (0,2%), Dell (0,2%, dan Fujitsu-Toshiba (0,1%).

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (13/04/2014), Windows Phone tampaknya masih harus menempuh jalan yang panjang untuk bersaing dengan Apple iOS dan Google Android di pasar smartphone. Nokia dan HTC akan menjadi ujung tombak produsen smartphone berbasis Windows Phone.

Saat ini Windows Phone menduduki posisi ketiga sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh smartphone setelah Android dan iOS. Namun, sistem operasi baru seperti Firefox OS, Tizen OS, dan BlackBerry 10 bukanlah lawan yang bisa dianggap enteng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda