Share

timnas indonesia kalah

Melorotnya posisi Timnas Indonesia di peringkat FIFA membuat gerah banyak pihak, termasuk Ketua Badan Tim Nasional (BTN), La Nyalla Mattalitti. Rilis terakhir, Indonesia terdampar di peringkat 170 yang menjadi salah satu capaian terburuk dalam sepanjang sejarah tim Garuda. Oleh karena itu, La Nyalla menargetkan Timnas Indonesia mampu menembus peringkat 120 FIFA untuk ke depannya.

“Ini start saya dari 170, dan menjadi tanggungjawab saya untuk memperbaiki posisi ke peringkat yang lebih baik,” kata La Nyalla Mattalitti di Jakarta belum lama ini.

”Inginnya dapat di peringkat 120 (ranking FIFA),” lanjut La Nyalla yang juga merangkap jabatan sebagai Wakil Ketua Umum PSSI dan anggota Exco PSSI ini.

Salah satu upaya untuk mendongkrak posisi Timnas Indonesia adalah dengan menggelar ujicoba internasional. La Nyalla Mattalitti mengatakan, idealnya, timnas harus melakukan laga ujicoba dengan tim-tim besar minimal sekali dalam sebulan.

“Kami mencoba membicarakan untuk ujicoba timnas. Satu tahun harus ada ujicoba internasional dengan tim-tim kuat. Minimal satu bulan ujicoba internasional, idealnya seperti itu,” tandas eks dedengkot KPSI ini.

Salah satu penyebab semakin merosotnya posisi Indonesia di peringkat FIFA adalah karena kekalahan dari Arab Saudi dalam laga lanjutan Pra Piala Asia 2015 yang telah digelar pada tanggal 23 Maret 2013 silam di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Dengan berada di posisi 170 FIFA, Indonesia menjadi salah satu tim terburuk di kawasan Asia Tenggara. Negara yang dulu sangat disegani di ASEAN ini hanya mampu unggul dari Brunei Darussalam, Timor Leste, serta Kamboja, dan kalah peringkat dari Vietnam (peringkat 13), Thailand (140), Filipina (143), Myanmar (155), Malaysia (163), Singapura (165), Myanmar (155), bahkan Laos (168).