Scroll to Top

Apple Membuat Perangkatnya Agar Orang Cacat Bisa Memakainya

By Ivan Azzam / Published on Monday, 05 Sep 2011

Pengguna teknologi bukan semata hak khusus orang dengan fisik lengkap saja, tapi orang yang memiliki kekurangan fisik juga berhak merasakan perkembangan teknologi, dan Apple menaruh perhatian dengan itu. Di pengajuan paten terbaru, Apple menggambarkan suatu cara dimana perangkat-perangkat iOS (iPhone dsb) dihubungkan dengan aksesoris-aksesoris khusus. Misalkan, pengguna bisa memakai joystick untuk mengontrol perangkat iOS miliknya. Atau tuna netra yang bisa “melihat” layar dengan menggunakan aksesoris tambahan braille. Aksesoris tersebut akan dihubungkan ke perangkat layar sentuh melalui koneksi nirkabel atau koneksi kabel.

Metode tersebut bisa distandarkan, agar bisa digunakan dengan peralatan apapun dengan ukuran layar apapun. Protokol ini juga dimaksudkan memperluas fungsi VoiceOver dari Apple, dimana fitur tersebut menggunakan perintah suara yang membantu tuna netra atau orang dyslexia dalam mengontrol perangkat iOS.

Orang-orang tersebut bisa mendorong perancang teknologi Apple membuat solusi lebih jauh lagi demi membuat mereka berinteraksi lebih mudah dengan perangkat-perangkat dan teknologi Apple ke depannya. Misalnya, pengembang software Nuance Communications menemukan fitur perintah suara agar membuat orang cacat tersebut bisa mengetik di komputer biasa.

Teknologi pengenalan suara juga disarankan untuk diintegrasikan ke iOS 5. (via CNET)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda