Scroll to Top

Grup G Kualifikasi Piala Afrika 2012: Niger Menekuk Afrika Selatan 2-1

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Sep 2011

Negara yang menjadi juara Piala Afrika dalam tiga pergelaran terakhir (2006, 2008, dan 2010), Mesir, secara menyakitkan tidak lolos dari Grup G dalam kualifikasi Piala Afrika 2012. Tidak hanya kalah bersaing dengan Niger, Afrika Selatan, dan Sierra Leone. Mesir dipastikan terpuruk di dasar klasemen.

Ketika Niger, Afrika Selatan, dan Sierra Leone masih membuka jalan untuk lolos ke Piala Afrika 2012, Mesir cuma bisa mengoleksi dua poin dari lima laga. Terakhir, 3 September kemarin, Sierra Leone yang bertindak sebagai tuan rumah, menang 2-1 atas mereka.

Sementara, dalam pertandingan lain, Niger memetik tiga angka penting atas Afrika Selatan, tim spesialis Piala Dunia dan Piala Afrika. Niger mampu menekuk penyelenggara Piala Dunia 2010 ini dengan skor tipis 2-1.

Bek Koffi Dan-Kowa membawa Niger unggul pada menit 10. Kemudian, striker CKSA Moskow, Ouwo Moussa Maazou, menambah keunggulan pada menit 47. Afrika Selatan baru bisa memperkecil kekalahan di menit 70 melalui Andile Jali.

Kekalahan Afrika Selatan ini membuat mereka terlempar dari posisi pertama. Kini Niger berada di puncak klasemen dengan torehan 9 poin. Afrika Selatan dan Sierra Leone mengikuti mereka di posisi dua dan tiga dengan poin kembar, delapan.

Niger akan lolos otomatis ke putaran final jika mampu menekuk Mesir di kandang lawan pada awal Oktober 2011 mendatang. Sebaliknya, Afrika Selatan wajib memenangi pertandingan menghadapi Sierra Leone di kandang sendiri sambil berharap Mesir masih memiliki harga diri untuk setidaknya memetik satu kemenangan dalam kualifikasi Grup G.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda