Scroll to Top

5 Free Software Untuk Aplikasi Kantor Anda

By Moch Ridwan / Published on Monday, 05 Sep 2011

Jika Anda saat ini sedang membangun bisnis milik Anda sendiri namun memiliki budget yang tidak terlalu banyak maka saya akan memberikan salah satu solusi yang mungkin bisa diterapkan di kantor Anda. Salah satu cara untuk memangkas anggaran adalah dengan menggunakan software gratisan, percaya atau tidak hal ini 100% ternyata cukup jitu untuk mewujudkan kantor impian Anda.

Walaupun mereka terbilang free dan kemungkinan tidak memiliki kecepatan serta fitur yang lengkap seperti kompetitornya yang harganya lumayan menguras anggaran, tapi kenyataannya open source ini ternyata mampu bekerja dengan baik.

Simak yuk apa saja sih free software yang bisa dipakai sebagai alternatif di kantor Anda.

LibreOffice
Program ini merupakan open source yang bisa dipakai sebagai pengganti Microsoft Office dan versi gratisan Oracle OpenOffice. Software yang lama dikenal dengan World, Excel, PowerPoint, dan Visio dalam LibreOffice disebut sebagai Writer, Calc, Impress, Base, dan Draw.

Mozilla.org
Yang selama ini dikenal dengan aplikasi browser paling terkenal sejagat raya Firefox ternyata juga mengeluarkan open source untuk email yang dikenal dengan nama Thunderbird. Jika Anda memang pengguna Firefox maka saya yakin Anda akan familiar juga dengan menu-menu yang ada di situ seperti tabbed email, one-click adress book, dan add-ons untuk mengkostumisasi email klien Anda.

Dropbox
Anda bisa mensinkronkan dokumen, foto, video, musik dan lainnya dengan menggunakan Dropbox. Dropboz bisa dipakai di desktop atau gadget Anda baik yang menggunakan Apple iOS, Android, atau BlackBerry, anda pun bisa membaginya dengan non dropbox member. Untuk member free maka Anda memiliki kapasitas 2 GB tapi Anda bisa mengupgrade ke versi premium untuk mendapatkan tambahan menjadi 100 GB.

Pidgen
Dengan menggunakan Pidgin Anda bisa mengakses internet messenger dari berbagai macam platform seperti MSN Messenger, Yahoo Messenger, Google Talk, Facebook Chat dan lainnya. Anda pun bisa mendapatkan notifikasi jika ada email yang masuk ke inbox Anda. Tapi sayangnya emoticons kemungkinann tidak begitu baik ditampilkan di sini.

Foxit Reader
Tak perlu khawatir jika ingin melihat dokumen yang memiliki format pdf sebab dengan menggunakan FoxitReader maka Anda bisa memberikan komentar pada file pdf, mengisi form, dan juga menambahkan teks. Yang lebih keren lagi Anda bisa mengubah dari fomat pdf ke format text file.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda