Scroll to Top

Tips Meminimalisasi Cedera Saat Berada Dalam Pesawat Terbang

By C Novita / Published on Tuesday, 16 Apr 2013

tips naik pesawat terbang

Berbagai peraturan yang diberlakukan pada penumpang yang sedang berada dalam pesawat terbang, dibuat untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan atau cedera. Sebaiknya Anda mematuhinya sebagai pencegahan bagi terjadinya resiko berbagai hal buruk yang mungkin terjadi.

Misalnya saja mematikan ponsel, menegakkan sandaran kursi, mengikat sabuk pengaman, dll. Petunjuk pemasangan pelampung yang kerap dilakukan oleh pramugari juga ada baiknya Anda perhatikan, agar tak salah bila ada kejadian semacam pesawat jatuh atau hal buruk lainnya.

Mengapa muncul peraturan keselamatan dalam pesawat terbang, tentu ada asal-muasalnya. Berikut ini adalah asal muasal peraturan keamanan dalam penerbangan, berikut tips keselamatan lain:

  • Menegakkan sandaran kursi

Ini adalah peraturan yang berlaku dalam semua penerbangan di dunia. Alasannya, bila sandaran duduk dalam keadaan tegak, maka penumpang akan waspada dan kemungkinan kecil tidur. Selain itu, penutup jendela atau tirai wajib dibuka untuk memudahkan penumpang turut aktif memperhatikan kondisi pesawat, misalnya sayap yang rusak, patah, atau hal lain yang tak wajar.

  • Mematikan ponsel

Walau ada penelitian yang mengatakan tak ada hubungannya antara sinyal ponsel dan pengaruhnya terhadap sistem navigasi pesawat terbang, namun beberapa otoritas penerbangan memberlakukan peraturan untuk mematikan ponsel. Alasannya, akibat dari sinyal ponsel itu berbeda pada tiap situasi dan kondisi cuaca, juga merk dan jenis ponsel. Sehingga lebih baik mencegah dari pada mengobati.

  • Antiseptik

Ingat, bahwa penumpang pesawat yang Anda tumpangi ada beratus-ratus, dan semua memiliki riwayat kesehatan yang berbeda. Jagalah kesehatan diri Anda dengan menggunakan antiseptik untuk mencegah menularnya penyakit berbahaya dari penumpang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda