Scroll to Top

Chrome Ultah Ke-3, Hadirkan Grafik Evolusi Web Yang Fantastik

By Moch Ridwan / Published on Monday, 05 Sep 2011

Tak terasa Google Chrome sudah menginjak usianya yang ketiga tahun ini. Walau masih bisa dibilang balita namun para pekerja Google telah bekerja keras untuk menghasilkan browser yang relatif lebih cepat, lebih cerdas, dan juga tak terlalu membingungkan penggunanya.

grafik peta evolusi web
grafik peta evolusi web

“Pada masanya tersendiri, komunitas web secara kontinyu telah menginspirasi kami,” demikian kata Google dalam situs resmi mereka.

“Membawa kekuatan web ke dalam banyak aplikasi dan pengalaman, ditambah dengan browser yang modern maka akan menghasilkan perkembangan browser yang lebih baik dalam hal kecepatan, kesederhanaan, dan juga keamanannya,”

Untuk memperingati ulang tahun Crhome yang ketiga ini maka Google memberikan sebuah grafik interaktif dimana pada grafik tersebut digambarkan sebuah evolusi perkembangan web dari tahun 1990 hingga 2011 ini.

Dari grafik itu kita bisa melihat awal mula perkembangan web yang hanya menggunakan http dan html, hingga perkembangan web yang lebih canggih saat ini yang merupakan gabungan dari halaman web, aplikasi web, video, foto, serta konten yang interaktif.

Web browser dari mulai Mosaic, Netscape, Opera, Internet Explorer, Safari, Firefox, Chrome, hingga Chrome OS ditampilkan evolusinya secara detail disini. Pita berwarna merupakan visualisasi dari interaksi antara teknologi web dan browser yang membawa banyak perkembangan yang dipakai dalam browser saat ini.

Perkembangan HTM dari versi prtama hingga 5, Java Script, Flash, XML, AJAX, CSS3, Web GL, CSS3 3D, File API juga dijabarkan disini.

Anda bisa melihat grafik interaktif evolusi web secara lengkap dengan mengunjungi link berikut ini “The Evolution of the Web “.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda