Scroll to Top

iPad Yang Semakin Populer Dikalangan Siswa Sekolah Amerika

By Moch Ridwan / Published on Monday, 05 Sep 2011

Anda pilih yang mana andaikata disuruh membawa 5 teksbook yang masing-masing berhalaman minimal 1000 atau hanya dengan membawa iPads di tas reansel Anda tapi sudah berisi versi eBooknya? Jika Anda adalah mahasiswa atau siswa maka saya yakin pilihannya akan jatuh ke nomor 2, betul bukan?

Ya, kecenderungan inilah yang saat ini banyak terjadi dikalangan siswa sekolah di Amerika. Beberapa jam yang lalu terdengar kabar bahwa setiap siswa yang ada di Burlington Hig School daerah sekitar Boston akan memulai tahun ajaran baru mereka dengan iPads dimana sudah terisi dengan buku elektronik dan sumber edukasi online lainnya dibandingkan dengan membawa teksbook yang dirasa cukup berat.

Sepertinya popularitas iPad semakin meningkat dikalangan pendidikan sejak Apple Inc memperkenalkan gadget ini di musim semi 2010 lalu. Diperkirakan banyak sekolah di Amerika akan berpindah dari penggunaan teksbook konvensional ke komputer tablet.

Apple sudah memulai program kerjasama denngan dunia pendidikan melalui sebuah kerjasama yang disebut sebagai ‘one-to-one’ dimana setidaknya ada satu kelas disetiap sekolah yang masing-masing siswanya akan mendapatkan iPad. Bahkan salah satu sekolah umum di distrik Kentucky, Woodford Country High akan memberikan masing-masing dari 1250 siswanya dengan iPad.

Menurut salah satu sumber dari Burlington High di Boston menyatakan bahwa investasi sebesar $500 untuk iPad adalah jauh lebih baik dibandingkan dengan membeli teksbook untuk jangka waktu tiga tahun masa aktif sekolah.

Banyak pengamat pendidikan yang menyatakan bahwa komputer tablet juga memiliki fungsi yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan teksbook tradisional. Sebagai pembanding teksbook biasa umumnya berharga $73 percopynya sedangkan versi elektoniknya hanya seharga $60 lengkap dengan interaktif video, grafik kalkulator, dan fitur lainnya yang menyertai teksbook tersebut. Jadi untuk sekolah yang akan membeli 300 buku akan bisa menghemat hampir $4000.

Dukungan untuk merubah teksbook menjadi versi elektroniknya juga datang dari kalangan penerbit. Jay Diskey dari Asosiasi Penerbit Amerika menyatakan bahwa para penerbit saat ini sudah mulai mengalihkan teksbook mereka ke versi yang lebih ramah lingkungan ini. Memag tidak semua mata pelajaran bisa disajikan dengan buku elektronik melalui iPad, untuk beberapa subyek yang menggunakan teksbook lama akan tetap menggunakan metode tradisional, demikian ungkap salah satu pengajar di Boston.

Kehadiran komputer tablet khususnya pelopornya yaitu Apple dengan iPadnya dirasa akan terus menjamah dunia pendidikan. Kemungkinan besar 5 atau 10 tahun lagi siswa sekolah tak akan membutuhkan kertas atau teksbook untuk belajar. Akan tetapi versi elektronik akan merajai sekolah, siswa pun cukup mengirim email untuk tugas yang diberikan oleh guru mereka. Bagaimana ya dengan Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda