Scroll to Top

Liga Super ASEAN Siap Digelar 2015

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 16 Apr 2013

AFC PSSI

Liga Super ASEAN yang digagas AFF & AFC, tahun 2015 sedianya akan digulirkan. Liga ini rencananya akan melibatkan klub-klub terbaik dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara.

Kompetisi itu pada awalnya akan diikuti oleh delapan klub di dalam sebuah divisi yang tidak menganut sistem degradasi dan menggunakan sistem playoff untuk menentukan juaranya.

Pada prosesnya kompetisi itu nantinya diharapkan bergulir secara berkala diikuti oleh 16 tim dengan pembatasan terhadap pasar kunci seperti Thailand, Malaysia, Indonesia, dan Singapura.

Pembatasan dilakukan agar tim-tim dari Myanmar dan Laos, bisa berpartisipasi dan ikut serta dalam liga ini.

Liga Super ASEAN itu sendiri dijadwalkan bergulir dalam periode delapan bulan, antara Februari hingga September.

Waktu ini juga akan sejalan dengan kalender internasional FIFA dan tidak akan mengganggu jadwal Liga Champions Asia atau Piala AFC.

Dalam konfirmasinya Prince Abdullah Ibni Sultan Ahmad Shah yang menjabat sebagai anggota dewan AFF dan wakil presiden AFC, menegaskan jika kompetisi ini tidak akan mematikan liga-liga lokal di Asia Tenggara.

Justru kompetisi ini ikut membantu berkembangnya popularitas sepakbola ASEAN, sekaligus menyokong sektor finansial tim-tim peserta untuk jangka panjang.

“Anggota Asosisasi AFF sudah diinformasikan mengenai potensi keuntungan, termasuk prediksi finansial untuk klub-klub yang berpartisipiasi” ungkap Prince Abdullah Ibni Sultan Ahmad Shah.

“Kerisauan dari para Anggota Asosiasi, seperti imbasnya ke liga domestik dan kelangsungan ASL (ASEAN Super League) telah dijawab pada saat briefing (pada 3 April)” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda