Scroll to Top

Grup C Kualifikasi Piala Afrika 2012: Comoros Ditekuk Zambia 1-2, Libya Unggul atas Mozambik 1-0

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Sep 2011

Libya yang tengah dilanda konflik boleh saja tampil luar biasa di Grup C kualifikasi Piala Afrika 2012. Negara yang kehilangan kolonel Muammar Khadafi itu tak pernah kalah dalam lima pertandingan. Namun, sorotan utama dalam Grup C adalah Zambia.

Sehari setelah Libya menang 1-0 melawan Mozambik (yang digelar di Mesir karena keamanan Libya yang belum terjamin), Zambia juga sukses menang. Bertandang ke Comoros, Zambia unggul 1-2. Terima kasih layak disematkan untuk Christopher Katongo berkat golnya pada menit 23. Lalu, sebuah gol Emmanuel Mayuka di menit 87 membawa negaranya berada di zona nyaman.

Ya, Grup C tinggal menyisakan dua tim yang bersaing ketat untuk mendapatkan tiket ke putaran final Piala Afrika 2012. Zambia saat ini unggul dengan 12 poin dari 5 pertandingan. Mereka menang empat kali dan sekali kalah.

Sementara, Libya, meski belum pernah kalah, hanya mencatat tiga kali menang dan dua kali seri. Mereka di posisi dua dengan 11 poin. Bahkan meski mereka pernah menekuk Zambia di kandang 1-0, Libya sama sekali tidak “aman”.

Keadaan semakin berat untuk Libya karena dalam pertandingan terakhir, awal Oktober mendatang, mereka mesti melawat ke Zambia. Padahal, barisan penyerang Zambia sangat tajam jika bermain di kandang sendiri. Mereka sempat menggulung Comoros 4-0 dan Mozambik 3-0. Dengan Katongo dan Mayuka yang sudah sama-sama mencetak 3 gol, Zambia lebih layak diunggulkan daripada Libya.

Namun, seperti halnya Irak di Piala Asia 2007, bisa saja kekacauan di sebuah negara menghasilkan kekuatan luar biasa. Irak bisa memboyong Piala Asia 2007. Apakah Libya yang berdekatan letak dan nasib akan bisa mengikuti negara yang kini dilatih Zico ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda