Scroll to Top

Menang 2-0 atas Madagaskar, Nigeria Belum Lolos dari Kualifikasi Piala Afrika 2012

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Sep 2011

Seperti halnya di Grup C, tiket lolos ke putaran final Piala Afrika 2012 di Grup B masih belum tersentuh siapa pun. Dua tim teratas masih bergelut hingga pertandingan terakhir. Mereka adalah Guinea dan Nigeria. Keduanya sama-sama menang dalam matchday 5 yang terjadi 4 September kemarin.

Nigeria, negara yang telah melimpahkan sekian banyak talentanya untuk berlaga di Eropa, merebut poin penuh atas tuan rumah Madagaskar. Setelah bermain 0-0 di babak pertama, Yoseph Yobo memecah kebuntuan di menit 8. Tujuh menit kemudian, Victor Obinna memastikan Nigeria memetik tiga angka.

Di pertandingan lain, Guinea mempertahankan jarak dengan sang pesaing. Bertanding di Stadion 28 Septembre, kandang sendiri, gol Bobo Balde di menit 32 mengatasi perlawanan Etiopia. Dengan kemenangan ini, Guinea sementara berada di puncak klasemen dengan nilai 13. Sementara itu, Nigeria tertinggal tiga angka di posisi kedua.

Namun, bukan berarti Guinea bisa duduk tenang. Bahkan, mereka akan terus dihantui ancaman hingga pertandingan terakhir. Maklum, saat itu mereka mesti melawat ke kandang tim elang Afrika ini.

Skenarionya, jika Nigeria bisa menang lebih dari satu gol, Guinea akan tersingkir karena kalah selisih gol. Jika Nigeria cuma menang dengan selisih satu gol, asalkan menang 1-0, bukan 2-1 dan seterusnya, mereka juga akan tetap lolos sebagai juara grup. Mengingat, rekor head-to-head mereka seimbang. Dalam pertandingan sebelumnya, di kandang, Guinea menang 1-0 atas Nigeria.

Jika Nigeria menang dengan selisih satu gol namun di atas 1-0, kerugian akan berada di pihak Elang Afrika. Maklum, selisih gol kedua negara akan sama-sama surplus delapan. Sementara, Guinea akan lolos karena mereka lebih agresif (mencetak gol) di kandang lawan. Mengingat dalam dua laga kandang sebelumnya Nigeria selalu menang dengan margin besar (2-0 atas Madagaskar dan 4-0 atas Etiopia), bukan tidak mungkin, elang Afrika akan menyalip Guinea di tikungan terakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda