Scroll to Top

Kualifikasi Piala Afrika Grup I: Kongo 0-1 Sudan

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 05 Sep 2011

Grup I kualifikasi Piala Afrika 2012 juga masih menyisakan pertarungan berdarah. Dua tim teratas, Ghana dan Sudan, akan bertempur habis-habisan di pertandingan terakhir. Keduanya sama-sama memetik kemenangan dalam matchday 5 dan kini memiliki poin yang sama pula.

Ghana yang memiliki pemain seperti Sulley Muntari dan Asamoah Gyan, menekuk Swaziland 2-0. Setelah Gyan membuka skor ketika laga baru berjalan sembilan menit, semuanya tampak lebih mudah. Mereka bahkan mampu menggandakan keunggulan di menit 80. Adalah Emmanuel Agyemang Badu yang mencetak gol kedua Ghana.

Sementara, Sudan yang melawat ke Kongo, tidak mau menyerah. Dengan keuntungan baru menggelar pertandingan dua hari setelah Ghana, Sudan tahu apa yang harus mereka lakukan. Kongo sempat memberikan perlawanan sengit dengan pertahanan kokoh di babak pertama. Namun, akhirnya gawang mereka bocor juga oleh aksi Bakri Almadina di menit 77.

Kemenangan tipis ini membawa Sudan menyamai poin Ghana, sama-sama 13 poin. Sementara, Ghana unggul selisih gol. Mereka surplus 10 sedangkan Sudan cuma 7. Namun, keadaan ini bisa berubah drastis di pertandingan terakhir. Maklum, Sudan berada di posisi tuan rumah saat berhadapan dengan Ghana di partai pamungkas kelak.

Kemenangan 1-0 saja sudah cukup meloloskan mereka ke Piala Afrika 2012. Sementara, Ghana yang mencetak 11 gol dalam lima laga Grup I, cuma membutuhkan hasil seri untuk mengamankan posisi pertama. Pertemuan pertama mereka di Baba Mara Stadium, Kumasi, Ghana, berakhir kacamata. Tentu Sudan ingin hasil yang lebih Oktober mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda