Scroll to Top

CEO Intel: Harga Perangkat Berbasis Windows 8 akan Turun di Rp 1,9 Jutaan

By Ditya / Published on Wednesday, 17 Apr 2013

Intel Atom Dual Core

Chief Executive Officer (CEO) Intel, Paul Otellini, mengatakan bahwa perangkat layar sentuh berbasis Windows 8 termasuk tablet dan notebook akan mengalami penurunan harga hingga US $200 atau sekitar Rp 1,9 jutaan. Hal ini berkat terobosan baru intel melalui prosesor quad-core murah yang menggunakan nama sandi Bay Trail.

Seperti yang kita ketahui, Bay Trail adalah nama sandi prosesor Atom terbaru Intel yang membidik pasar tablet Windows 8 yang dilengkapi hingga empat inti pemroses atau quad-core dengan harga yang murah. Hal ini akan mendorong penurunan harga perangkat berbasis Windows 8 yang signifikan.

Bay Trail ini menawarkan peningkatan performa yang signifikan dan dibarengi dengan penurunan konsumsi daya dibandingkan dengan generasi prosesor Atom sebelumnya. Hal ini disebabkan karena Intel mendesain ulang arsitektur prosesor Atom untuk meningkatkan kinerjanya.

“Jika Anda melihat notebook layar sentuh berbasis Intel yang menggunakan ultrathin (Bay Trail) prosesor. Mereka harga akan menjadi turun ke serendah $ 200,” kata Paul Otellini, CEO Intel.

“Bay Trail akan menjadi produk yang besar di segmen pasar dan memungkinkan performa yang relatif menakjubkan dan akan mampu berkompetisi di pasar,” kata Stacy Smith, CFO Intel.

Seperti yang kita ketahui, pasar tablet dengan harga US $200 hingga $300 merupakan pasar yang cukup ‘gemuk’ dan terdapat persaingan sengit di pasar ini, sebut saja Google Nexus 7, Amazon Kindle Fire HD, dan beberapa tablet Android lainnya yang berbasis prosesor ARM. Tentu kehadiran tablet berbasis Windows 8 berbasis Intel Bay Trail di kisaran harga yang sama akan mengubah peta persaingan.

Seperti yang dilansir dari CNET (16/04/2013), Paul otellini juga mengatakan bahwa pihaknya akan mendesain ulang konsep ultrabook berbasis prosesor Intel Haswell untuk menekan harga hingga kisaran US $499.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda