Scroll to Top

Bom Boston Meledak, Tiga Orang Tewas

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 17 Apr 2013

Bom Boston Meledak, Tiga Orang Tewas

Senin, 15 April 2013 lalu Amerika Serikat diguncang dengan tragedi Bom Boston. Tiga orang tewas : se0rang anak kecil, pelayan restoran, mahasiswi, serta 180 orang lainnya terluka oleh bon yang dikemas dalam panci tekanan tinggi tersebut. Siapakah pelakunya?

Acara maraton di Boston, adalah sebuah event besar yang diikuti lebih dari 23000 pelari maraton, baik yang profesional maupun amatir. Bom Boston meledak kala ribuan orang tengah riang gembira menanti pelari mencapai garis fnish. Dua bom meledak dalam rentang waktu 12 detik dalam rentang kira-kira 100 meter dari garis finish. Terorisme yang sangat terencana, karena sejatinya ada tujuh bom yang ditanam. Dan banyak pihak yang mengklaim, ini adalah kejadian terburuk setelah serangan 11 September 2001 yang sempat menumbangkan menara WTC.

Bom Boston Meledak, Tiga Orang Tewas

Dari manakah bom berasal? Belum diketahui pasti karena hingga saat ini belum ada yang mengklaim bertanggungjawab atas Bom Boston. Yang jelas, seperti dikutip oleh Tempo, bom ini dikemas dalam panci bertekanan tinggi dengan ukuran enam liter. Bom Boston berisi bubuk hitam (mesiu) sebagai bahan peledak; yang cara pembuatannya bisa didapatkan via internet. Bom ini sendiri, sering digunakan di negara-negara Asia Selatan seperti India, Nepal, dan Pakistan. Termasuk, Afghanistan.

Bom Boston Meledak, Tiga Orang Tewas

Bom Boston Meledak, Tiga Orang Tewas

Adapun tiga korban tewas akibat peristiwa ini adalah Martin Richard, bocah laki-laki yang baru berusia 8 tahun, kemudian Krystle Campbell (29 tahun) yang bekerja sebagai pelayan restoran, serta mahasiswi asal China yang duduk di bangku kuliah Boston University.

Hingga saat ini, pelaku pengeboman belum diketahui. Namun, FBI dan polisi Amerika Serikat mengakui, akan mencari tersangka Bom Boston hingga ke ujung dunia.

“Kami akan pergi ke ujung bumi untuk mengidentifikasi tersangka yang bertanggungjawab pada kejahatan ini,” kata Richard Des Lauriers, petugas FBI setempat.

Bom Boston Meledak, Tiga Orang Tewas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda