Scroll to Top

Liga Super ASEAN, Klub Indonesia Diprioritaskan

By Agus Prasetyo / Published on Wednesday, 17 Apr 2013

Beberapa waktu yang lalu AFC & AFF telah memberikan gambaran bahwa kompetisi perdana ASEAN Super League (ASL) dipastikan akan bergulir pada 2015.

Dalam kompetisi antar klub di negara Asia Tenggara ini, tercatat 8 klub akan menjadi peserta pada musim pertama ASL nanti.

Jatah klub-klub peserta pada musim perdana akan diprioritaskan kepada negara-negara dengan pasar sepakbola yang menjanjikan di ASEAN.

Alhasil tim-tim elit di Thailand, Indonesia, Malaysia dan Singapura mendapat kesempatan masuk dalam daftar kompetisi perdana tersebut.

Namun AFF rencananya akan mengembangkan ASL menjadi 16 klub, artinya tak lain agar negara-negara macam Myanmar dan Laos bisa ikut berpartisipasi.

Musim perdana ASL akan berjalan selama 8 bulan, sejak Februari sampai September. Tak ada sistem degradasi dalam kompetisi ini, sedangkan juara turnamen akan ditentukan lewat babak play-off.

Keputusan AFF untuk  menggelar kompetisi sejak Februari sampai September bukan tanpa sebab.

Ini agar menghindari bentrok dengan Liga Champions Asia dan Piala AFC. Kalender pertandingan ASL akan tetap menyesuaikan dengan kalender FIFA.

AFF menegaskan Liga baru ini tidak akan mematikan liga-liga domestik ASEAN, sebaliknya klub-klub akan diuntungkan karena ada sistem bagi hasil keuntungan bagi klub yang berpartisipasi.

Sebelumnya ASEAN sebenarnya juga pernah menggelar kompetisi antar juara di regional Asia Tenggara. Namun kompetisi itu hanya berlangsung selama dua edisi.

Pada jilid I Indonesia diwakili oleh Petrokimia Putra (2003), sedangkan dua tahun kemudian Indonesia gagal mengirimkan wakil setelah Persebaya Surabaya mengundurkan diri karena padatnya jadwal kompetisi.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda