Scroll to Top

Akitio Neutrino, SSD Eksternal Tercepat di Dunia dengan Thunderbolt

By Ditya / Published on Thursday, 18 Apr 2013
Akitio
Akitio Neutrino

Akitio, perusahaan yang biasa berkecimpung di dunia jaringan telah merilis SSD (Solid State Drive) eksternal tercepat di dunia yang menggunakan konektivitas Thunderbolt, yakni Akitio Neutrino. Seperti yang kita ketahui, Thunderbolt adalah standar yang dikembangkan oleh Intel untuk bersaing dengan standar USB 3.0.

Hardisk eksternal mungkin saat ini sudah bukan lagi barang baru, tapi sebuah SSD eksternal masih merupakan perangkat baru yang masih jarang. Akitio merilis sebuah SSD eksternal dengan konektivitas Thunderbolt melalui seri Neutrino yang merupakan salah satu SSD eksternal tercepat di dunia saat ini.

SSD sendiri adalah media penyimpanan yang berbasis chip flash yang diproyeksikan akan menggantikan hardisk di masa depan. SSD mengusung beberapa kelebihan dibanding hardisk, yakni kecepatan dan performa yang lebih tinggi, konsumsi daya yang lebih rendah, dan minim noise.

SSD eksternal Akitio Neutrino ini menggunakan SSD Intel seri 330 yang tersedia dalam tiga pilihan kapasitas penyimpanan, yakni 120GB, 256GB, dan 320GB. Memang, kapasitasnya masih lebih kecil dari rata-rata hardisk eksternal yang ditawarkan di pasar saat ini yang berkisar antara 500GB hingga 2TB.

Lalu mengapa SSD eksternal Akitio Neutrino ini memiliki performa tercepat di dunia? Akitio memilih SSD Intel seri 330 yang memiliki performa tinggi yang dipadukan dengan chip yang menjembatani antarmuka SATA 3 dan anatrmuka PCI Express atau Thunderbolt. Tak heran Akitio Neutrino ini mampu menghasilkan kecepatan transfer hingga 464MB/detik.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (17/04/2013), SSD eksternal Akitio Neutrino ini akan menjadi solusi tepat bagi yang membutuhkan media penyimpanan eksternal dengan performa tinggi. Sayangnya, belum banyak perangkat yang dilengkapi dengan port Thunderbolt saat ini.

Belum ada informasi mengenai harga dan ketersediaan dari SSD eksternal Akitio Neutrino tercepat di dunia ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda