Scroll to Top

1 dari 10 Netizen Gunakan Kata Sandi Seragam di Semua Akun Media Sosial

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 18 Apr 2013

Laptop Women

Terungkap data jika 1 dari 10 pengguna gunakan kata sandi yang sama di akun media sosial yang dimiliki. Sedangkan 3 dari 10 pengguna memilih password yang hampir serupa. Demikian menurut studi terbaru dari NextAdvisor.com.

Menilik studi sebelumnya yang dilakukan oleh Javelin Strategy and Research, lebih dari 12 juta netizen Amerika jadi korban penipuan cyber tahun lalu. Tak hanya netizen AS saja, pengguna internet di seluruh dunia wajib menjaga data diri mereka di internet.

Penipuan cyber ini umumnya terjadi di media sosial. Sebut saja Facebook. 93% pengguna FB berbagi nama asli mereka, 60% berbagi nama keluarga, 4% berbagi alamat, dan 33% berbagi soal pekerjaan.

Celakanya lagi rata-rata penguna Facebook tak mengatur akunnya secara benar untuk masalah privasi. Tercatat ada 30% pengguna yang tak melakukannya. Sedangankan 14% pengguna tak mengerti bagaimana mengaturnya.

NextAdvisor.com menyarankan agar pengguna media sosial tidak berbagi informasi pribadi di tiap akunnya. Biasanya, pengguna memilih kata sandi yang berkaitan dengan informasi pribadi dengan alasan mudah diingat.

Namun ini celakanya. Jika informasi pribadi diumbar, kemungkinan besar akan jadi santapan peretas. Sangat dianjurkan men-setting profil dalam kondisi terkunci atau hanya bisa diakses oleh teman terdekat.

Kembali ke soal password, umumnya kasus peretasan miliki efek domino. Jika satu akun teretas, maka akan berbuntut panjang dengan teretasnya akun-akun yang lain. Jangan gunakan satu password yang sama di setiap akun.

Misalkan saja kata sandi Anda di Facebook adalah ‘12345678’. Jangan gunakan kata sandi yang sama di akun Twitter, LinkedIn, Yahoo!, Gmail, dan lainnya. Tiap satu akun wajib miliki password yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda