Scroll to Top

Liga Inggris: Apa Kabar, Stiliyan Petrov?

By Wan Faizal / Published on Thursday, 18 Apr 2013

Stiliyan Petrov

Penasaran dengan foto di atas? Yap, dia adalah Stiliyan Petrov yang merupakan kapten Aston Villa. Penampakannya sekarang yang begitu berbeda dibanding setahun lalu diakibatkan penyakit leukimia yang menghinggapinya. Kini, setelah lama tak ada kabarnya, Petrov untuk pertama kalinya berbicara ke media tentang perjuangannya melawan penyakit maut tersebut.

Petrov memang kembali ke markas latihan Aston Villa. Namun bukan untuk ikut berlatih, melainkan hanya sekedar “menjenguk” rekan-rekan setim yang sudah lama ia tinggalkan. Kondisinya saat ini memang belum bisa dibuat untuk bermain sepakbola lagi.

Mantan kapten Timnas Bulgaria itu dalam 13 bulan terakhir harus menjalani perawatan khusus dan kemoterapi untuk mengatasi penyakit yang ia derita. Petrov bersyukur ia sudah melewati masa-masa berat dan kini tinggal menjalani perawatan yang lebih ringan agar cepat pulih.

“Saya telah menyelesaikan pengobatan tahap berat. Dan mulai sekarang, saya tinggal menjalani perawatan yang lebih lembut dari sebelumnya. Saya menjalani waktu yang sangat berat dalam setahun terakhir,” ucapnya.

“Saya merasa beruntung masih bisa hidup karena dalam kebanyakan kasus, penderita leukimia bisa mati cepat. Untungnya saya bisa tetap berjuang dan sekarang bisa berada disini. Ini adalah hal yang luar biasa. Mulai sekarang, saya juga bisa pelan-pelan melakukan hal-hal yang biasa saya lakukan sebelum menderita leukimia.”

Terakhir kali Petrov bermain bagi The Villans adalah pada Maret 2012 lalu kala mereka ditumbangkan Arsenal 3-0. Setelahnya, pemain berusia 33 tahun itu merasa sangat lemas dan harus menjalani pemeriksaan.

Stiliyan Petrov

Setelah diketahui ia mengidap penyakit yang berbahaya, tim medis Aston Villa segera melakukan perawatan intensif pada pemain yang telah berada di Villa Park sejak 2006 itu. Saat itu, peluang Petrov untuk bertahan hidup adalah 50-50.

“Awalnya saya hanya merasa kedinginan. Saya pikir itu satu hal yang biasa. Namun ketika hasil pemeriksaan keluar, saya sungguh terkejut namun bisa menerimanya dan ingin segera melakukan pengobatan. Dokter pribadi saya juga berkata demikian, jadi saat itu saya memang tidak punya banyak waktu dan harus segera ambil keputusan.”

“Sebelumnya saya tidak tahu apa-apa tentang penyakit itu, perawatannya, dan sampai kapan saya harus seperti ini. Tapi dengan dukungan dari rekan dan keluarga, saya bisa bertahan sejauh ini.”

Satu yang membuat Petrov terharu adalah dukungan dari fans Aston Villa. Ketika menjalani laga home dan saat memasuki menit 19, seisi stadion bertepuk tangan sebagai tanda dukungan padanya. Tak hanya fans tuan rumah, fans tim tamu yang ada di stadion pun juga ikut ambil bagian mendukung Petrov. Angka 19 sendiri menunjuk pada nomor kostum Petrov di tim.

Support Stan

“Lucu sebenarnya hal seperti ini bisa menyatukan mereka. Rasanya memang aneh karena semua orang di stadion, termasuk fans tim tamu, memberikan applaus selama semenit.”

“Saya tidak tahu bagaimana caranya berterima kasih pada fans. Beberapa orang harus melalui saat-saat sulit bersama penyakit mematikan sendirian. Sedangkan saya disini mendapat dukungan dari jutaan orang di dunia.”

Get well very soon, Stan #19!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda