Scroll to Top

Timnas Indonesia Miskin Prestasi, Alfred Riedl Salahkan PSSI

By Aditya / Published on Friday, 19 Apr 2013

Alfred Riedl

Sudah sekian lama Timnas Indonesia miskin prestasi. Alih-alih mengalami kemajuan positif, tim Garuda justru semakin terpuruk dengan raihan terburuk di peringkat FIFA. Bahkan, di kawasan Asia Tenggara saja, saat ini Timnas Indonesia dianggap sudah tidak sehebat dulu. Mantan pelatih tim Merah-Putih, Alfred Riedl, menyalahkan PSSI sebagai pihak yang paling bertanggungjawab atas terpuruknya sepakbola nasional.

Menurut pelatih asal Austria itu, Indonesia sebenarnya mempunyai banyak potensi untuk menjadi negara sepakbola yang besar, namun PSSI tidak pernah serius untuk memajukan sepakbola di negeri ini.

“Para pemain di Indonesia sangat berbakat dan sangat baik. Tapi masalahnya, federasi mereka (PSSI) tidak memiliki cukup kesabaran,” kata Alfred Riedl.

Dalam pandangan Alfred Riedl, selama ini PSSI hanya omong besar belaka tanpa mau dan mampu merealisasikan janji yang sudah diucapkan. Misalnya tentang rencana jangka panjang, pelatihan pelatih dan wasit, hingga pembinaan pemain muda, PSSI tidak pernah mewujudkan janjinya kepada rakyat Indonesia.

“Federasi sepakbola Indonesia harus memiiliki rencana untuk lima sampai 10 tahun ke depan. Harus ada pelatihan yang lebih baik bagi para pelatih dan wasit. Indonesia juga harus meningkatkan pembinaan usia muda. Itu semua harus dilakukan, bukan hanya bicara saja!” tukas Alfred Riedl.

Padahal, lanjutnya, potensi Indonesia untuk menjadi negara yang sepakbolanya disegani di Asia, bahkan dunia, sangat besar dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh negara ini. Apalagi, Indonesia mempunyai suporter fanatik yang sangat banyak dan loyal terhadap klub maupun Timnas Indonesia.

“Suporter Indonesia sangat gila terhadap sepakbola. Setiap pertandingan timnas selalu dihadiri lebih dari 90 ribu penggemar. Meski itu adalah pertandingan tengah pekan, stadion selalu penuh,” ujar Alfred Riedl.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda