Scroll to Top

CISPA: UU Tentang Sharing Informasi di Internet Resmi Disahkan

By Ditya / Published on Friday, 19 Apr 2013

CISPA

Undang Undang CISPA (Cyber Intelligence Sharing and Protection Act) akhirnya resmi disahkan sebagai sebuah kerangka kerja bagi perusahaan dan pemerintah federal untuk berbagi informasi di internet yang berkaitan dengan ancaman keamanan. CISPA H.R. 624 telah disetujui dalam pemungutan suara 288-127 oleh U.S. House of Representatives (DPR Amerika Serikat).

CISPA memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi tentang orang dan memberikannya kepada pemerintah AS dengan dalih keamanan cyber. Masalah utama dari kebijakan ini adalah luasnya ruang lingkup yang memungkinkan perusahaan atau pemerintah untuk menyensor apa yang orang katakan.

Kebijakan CISPA ini memang meninggalkan sejumlah kekhawatiran bagi pengguna internet, mengingat privasi data mereka terancam. Sedangkan para pendukung kebijakan ini berpendapat bahwa hal ini dapat digunakan untuk berbagi informasi yang memungkinkan akan membantu perusahaan menggagalkan serangan cyber terhadap sistem komputer mereka lebih cepat.

Ruppersberger mengatakan bahwa kurang dari selusin perusahaan bertanggung jawab untuk 80 persen dari jaringan informasi AS, yang berarti pemerintah dan perusahaan-perusahaan harus mampu untuk berbicara satu sama lain tentang ancaman cyber yang muncul.

Sedangkan pihak-pihak yang tak setuju dengan kebijakan CISPA ini berpotensi disalahgunakan dan memungkinkan pemerintah dan Badan Keamanan Nasional untuk mengakses informasi pribadi konsumen. Ketakutan tentang peningkatan akses pemerintah untuk informasi pribadi adalah masalah utama dalam kebijakan ini.

“Ini bukan RUU pengawasan. Ini tidak memungkinkan badan-badan keamanan nasional, atau Departemen Pertahanan, salah satu organisasi militer kita, untuk memonitor jaringan domestik kami. Ini tidak membiarkan itu terjadi, kami tidak akan membiarkan itu terjadi,” kata Mike Rogers, ketua komite intelijen, seperti yang dilansir dari The Hill (18/04/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda