Scroll to Top

Facebook Messenger untuk Android dan iOS Bisa Buat Nelpon Gratis

By Ibnu Azis / Published on Friday, 19 Apr 2013

Facebook Messenger 1

Kabar gembira bagi pengguna aplikasi Facebook Messenger. Kini aplikasi pesan instan Facebook tersebut bisa buat nelpon gratis. Lewat layanan VoIP (Voice over Internet Protocol), pengguna Android dan iOS memungkinkan pengguna menelepon pengguna lain gunakan panggilan internet.

Pada bulan Januari lalu, fitur ini sejatinya telah diujicoba baik untuk Android maupun iOS. Kala itu ketersediaannya hanya untuk menggunakan jaringan WiFi. Dengan demikian pengguna tak bisa lakukan panggilan gratis menggunakan jaringan reguler.

Laman Techcrunch menulis jika fitur ini hanya tersedia di 23 negara saja. Jika ditambah Amerika Serikat yang telah tersedia hari ini, maka totalnya akan menjadi 24. Lantas bagaimana dengan Indonesia?

SidomiNews mencoba untuk menjajal aplikasi tersebut di aplikasi Android. Dan memang memungkinkan lakukan panggilan meski tanpa terkoneksi WiFi. Perhatikan gambar di bawah ini.

FB Messenger Android
Tap Free Call

Tatkala dicoba, panggilan via VoIP bisa dilakukan (tap Free Call). Namun kualitas suara tidak terlalu baik. Ini mungkin terkait dengan jaringan mengingat tidak terkoneksi dengan WiFi.

Yang perlu diperhatikan dalam melakukan panggilan VoIP ini adalah dibutuhkan trafik data yang cukup besar. Itulah mengapa mulanya Facebook hanya mengizinkan panggilan via jaringan WiFi saja.

Jika berbicara soal panggilan gratis di aplikasi pesan instan, kini seakan telah jadi model standar. Aplikasi pesan instan populer telah membenamkan fitur tersebut. Sebut saja WeChat atau Kakao Talk. Blackberry pun juga menyuntikkannya di BBM 7.

Bahkan tak cukup nelpon gratis. Panggilan video pun dihadirkan. Sebut saja WeChat atau Google+ di aplikasi smartphone. Justru Facebook sendiri yang belum menghadirkannya. Hanya tersedia di versi web dengan mengandeng Skype.

Facebook Messenger untuk Android dimutakhirkan pada 16 April 2013 di versi 2.4.2 dan berkapasitas 10 MB. Aplikasi ini berjalan di Android 2.2 ke atas dan bisa diunduh gratis di sini.

Sedangkan Facebook Messenger untuk iOS dimutakhirkan pada 7 Maret 2013. Berversi 2.3.1 miliki kapasitas 10,3 MB dan berjalan di iOS 5 ke atas. Unduh gratis di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda