Bambang Pamungkas Persija

Eks kapten Timnas Indonesia, Bambang Pamungkas, membuktikan kesetiaannya kepada Persija Jakarta. Setelah tidak tercatat sebagai pemain tim Macan Kemayoran sejak putaran pertama kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013, Bepe hingga saat ini tidak memperkuat tim lain. Apakah hal itu merupakan sinyal bagi Bambang Pamungkas untuk kembali ke Persija?

Mengenai hal itu, Bambang Pamungkas menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen tim ibukota. Yang jelas, legenda hidup sekaligus top skor Timnas Indonesia itu menegaskan bahwa ia tidak pernah meninggalkan Persija dan tetap bertahan dengan statusnya yan hingga kini tanpa klub kendati tidak sedikit klub yang menginginkan jasanya, salah satunya adalah Pelita Bandung Raya (PBR).

“Saya tidak pernah meninggalkan Persija, buktinya saat ini saya tidak bermain di klub manapun di saat Persija tidak lagi menggunakan tenaga saya di putaran pertama kompetisi musim ini,” tandas Bepe belum lama ini.

“Saat ini yang bisa menjawab hanya manajemen dan pelatih untuk saya bisa kembali atau tidak ke Persija,” lanjutnya.

Jelang bergulirnya ISL 2013, Persija memang tidak lagi diperkuat oleh sejumlah pemain bintangnya karena tidak mampu melunasi gaji mereka yang tertunggak selama beberapa bulan. Selain Bepe, beberapa pemain lainnya juga tidak lagi memakai jersey oranye, seperti Andritany Ardhiyasa atau Ramdani Lestaluhu yang memilih hijrah ke Sriwijaya FC.

Akibatnya, tim besar dari ibukota itu pun terpuruk di kompetisi dan masih berkubang di posisi dasar alias juru kunci klasemen sementara ISL. Pergantian pelatih dari Iwan Setiawan ke Benny Dollo sejauh ini juga belum membuahkan hasil yang maksimal.

Manajemen Persija Jakarta sendiri tidak menutup kemungkinan bagi Bambang Pamungkas untuk kembali bergabung di putaran kedua ISL nanti. Meskipun hingga saat ini belum ada kontak dengan Bepe, namun Ketua Umum Persija, Ferry Paulus, menyatakan peluang kepulangan sang ikon ke tim Macan Kemayoran sangat terbuka.

“Kami terbuka dan sampai hari ini membuka diri dengan Bambang (Pamungkas). Namun sampai saat ini tidak ada komunikasi dengan Bambang. Kalau dia tidak ingin kembali, kami tidak bisa memaksa,” kata Ferry Paulus.