Scroll to Top

Google Translate Kini Mendukung 66 Bahasa Asing

By Ibnu Azis / Published on Friday, 19 Apr 2013

Google Translate

Layanan terjemahan Google kini mendukung 66 bahasa asing. Bahasa asing terbaru yang ditambahkan Google Translate adalah Bahasa Khmer.

Bahasa Khmer sendiri menurut Wikipedia adalah bahasa anggota cabang Mon-Khmer dalam rumpun bahasa Austro-Asiatik. Bahasa ini diucapkan oleh sekitar 8 juta orang di Kamboja, Vietnam, Laos, Thailand, RRC, Perancis dan Amerika Serikat.

“Fokus kami adalah pengalaman pengguna. Tim Google Translate bekerja keras untuk meningkatkan kualitas terjemahan,” tulis Arne Mauser Software Engineer Google di Google Translate Blog.

Namun Google Translate di bahasa asing terbarunya masih berstatus ‘alpha’. Versi awal dari sistem terjemahan akan digunakan di situasi tertentu namun tidak mencakup untuk semua.

Fitur Bahasa Khmer yang dihadirkan mencakup keyboard virtual dan kemampuan untuk membaca teks fonetis. Ini dihadirkan bagi penggna yang tidak bisa membaca alfabet Khmer.

Google Translate now supports Khmer

Menurut Google, Bahasa Khmer adalah sebuah bahasa yang menantang. Selain tidak banyak data, kata-katanya pun tidak dipisahkan oleh spasi. Google tak hanya memelajari bagaimana menerjemahkan bahasa tersebut namun juga bagaimana memisahkan kata per kata.

Tim Google juga berjanji akan segera menambah lebih banyak bahasa asing ke terjemahan Google Translate. Google juga berujar jangan ragu gunakan bahasa asli di internet. Semakin banyak bahasa asing yang tersedia (data) di internet, maka semakin cepat pula Google Translate akan segera mendukungnya.

Bagi Anda pengguna Android dan iOS, bisa nikmati layanan Google Tranlate di aplikasi yang bisa dunduh aplikasinya di Google Play dan iTunes. Untuk pengguna Android sila unduh di sini. Sedangkan pengguna iOS bisa unduh di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda