Scroll to Top

Liga Inggris: Enam Pemain Masuk Nominasi PFA Award

By Wan Faizal / Published on Friday, 19 Apr 2013

Hazard-Suarez-Persie

Enam pemain terbaik Liga Inggris telah terpilih untuk masuk nominasi Professional Footballers’ Association Player of the Year Award. Ajang bergengsi itu kali ini memasukkan nama-nama seperti Robin van Persie, Luis Suarez, Gareth Bale, Eden Hazard, dan Juan Mata. Satu kejutan muncul setelah nama Michael Carrick juga masuk dalam nominasi pemain terbaik.

Masuknya Carrick memang menjadi satu kejutan besar tersendiri. Ia memang seperti “tak terlihat” di lapangan, namun jika diamati perannya bagi Manchester United begitu besar. Musim ini, pemain berusia 31 tahun itu bermain 32 kali bagi United dan menyumbang satu gol di liga. Tapi sebagai gelandang, ia melakukan fungsinya dengan sempurna. Salah satunya terlihat dari catatan statistik yang membuktikan ia sukses melakukan 88 persen operan yang tepat.

“Michael memang nyaris tak terdeteksi. Tapi jangan lupakan bahwa ia meraih empat trofi liga dan beberapa gelar lainnya bagi MU. Ia memang jarang membuat sensasi, tapi di lapangan ia sangat dihormati kawan dan lawan,” jelas Gordon Taylor, Chief Executive PFA.

Lima pemain lain rasanya juga pantas masuk dalam daftar yang terbaik. Juan Mata mencatat statistik bagus. Ia terhitung bermain 55 kali dan mengemas enam gol lebih banyak dari Hazard. Gelandang Tottenham, Gareth Bale, juga muncul sebagai pemain yang layak masuk nominasi dengan koleksi 38 penampilan dan 22 gol. Van Persie pun juga mencatat statistik yang tak kalah bagus dengan raihan 43 main dan 25 gol.

Bale-Mata-Carrick

Sementara itu, masuknya Suarez sempat menjadi kontroversi tersendiri. Ia dianggap tak pantas berada dalam nominasi karena sering berbuat curang ketika main, seperti suka diving. Untuk yang satu itu, Taylor punya pembelaan tersendiri pada pemain Liverpool tersebut.

“Akan sangat naif  jika melibatkan kontroversi yang pernah ia lakukan. Ini adalah penghargaan untuk pesepakbola. Terkadang kontroversi memang jadi bagian dari seorang pemain bola. Lagian, kemampuannya dalam bermain sepakbola sungguh mengagumkan.”

Hazard? Ia merupakan pemain termuda dalam nominasi ini dengan mencatat statistik 56 main dan 12 gol bagi Chelsea di semua ajang. Ingat, ini adalah musim pertamanya bermain di Inggris. Lain itu, ia juga masuk dalam nominasi pemain muda terbaik dan akan bertarung dengan Jack Wilshere, Christian Benteke, Romelu Lukaku, dan Danny Welbeck. Itu artinya, ada tiga pemain Belgia dalam nominasi.

Pengumuman tentang siapa pemenang dari penghargaan ini akan tersaji pada 28 April mendatang. Punya pendapat mengenai siapa yang pantas menang?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda