Scroll to Top

Timnas Indonesia: Ini Alasan BTN Pilih Jacksen F. Thiago

By Aditya / Published on Saturday, 20 Apr 2013

Jacksen F Thiago

Bukan Luis Manuel Blanco ataupun Alfred Riedl yang selama ini disebut-sebut bakal menangani Timnas Indonesia senior. Badan Tim Nasional (BTN) justru memilih Jacksen F. Thiago sebagai pelatih baru tim Garuda. Bukan tanpa alasan BTN menunjuk pelatih Persipura Jayapura asal Brasil itu. Jacksen F. Tiago dinilai sebagai sosok yang tepat menangani Timnas Indonesia setelah debutnya bersama Rahmad Darmawan (RD) di laga kontra Arab Saudi beberapa waktu silam.

Ya, saat Timnas Indonesia menghadapi Arab Saudi di ajang Pra Piala Asia 2015 pada tanggal 23 Maret 2013 lalu, RD dan Jacksen F. Thiago memang menjadi pelatih dadakan timnas karena adanya polemik antara para pemain dengan Luis Manuel Blanco.

Hasilnya, meskipun kalah tipis dengan skor 1-2 dari Arab Saudi, namun kinerja Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Tiago dinilai cukup baik. Lantaran RD telah ditunjuk untuk menangani Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di SEA Games 2013, maka jabatan pelatih Timnas Indonesia senior diserahkan kepada Jacksen F. Thiago.

”Pertimbangan kami karena melihat duet kemarin Jacksen dengan Rahmad Darmawan sudah cukup bagus. Tetapi, karena RD sudah menjadi pelatih timnas U-23, maka kami serahkan kepada Jacksen meski dia belum pernah menangani timnas. Ini karena persiapan kualifikasi Piala Asia 2015 tidak lama lagi. Semoga ada keajaiban,” papar La Nyalla Mattalitti, Ketua BTN, di Jakarta, kemarin.

La Nyalla Mattalitti berharap Persipura Jayapura bersedia mengizinkan Jacksen F. Thiago melatih Timnas Indonesia, seperti halnya Rahmad Darmawan yang juga masih menjadi pelatih Arema ISL namun tetap diperbolehkan mencurahkan energinya untuk membesut Timnas Indonesia U-23.

”Kami memutuskan bahwa BTN menunjuk Jacksen F Tiago sebagai pelatih timnas senior. Saya pun sudah meminta kepada manajemen Persipura agar diizinkan,” kata La Nyalla Mattalitti.

”Mengenai asisten dan perangkatnya, saya persilakan dia yang menentukan. Keputusan ini kami ambil karena pada Rapat Exco 9 April lalu, semua masalah pelatih-pelatih diserahkan kepada saya sebagai Ketua BTN,” lanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda