Scroll to Top

Raja Koduri, Desainer Chip Grafis Apple Menyeberang ke AMD

By Ditya / Published on Saturday, 20 Apr 2013
Raja Koduri
Raja Koduri

Raja Koduri, seorang desainer chip grafis Apple dikabarkan menyeberang ke Advanced Micro Device atau AMD. Raja Koduri sendiri sebelumnya memang pernah bekerja di AMD 4 tahun lalu yang kemudian menyeberang ke Apple, dan kini kembali bekerja untuk kubu “merah”.

Jabatan terakhir Raja Koduri di perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak tersebut adalah sebagai direktur arsitektur grafis dan kini dikabarkan menyeberang ke AMD. Sayangnya, belum diketahui posisi apa yang akan ditempati oleh Raja Koduri di AMD.

Sebelum Raja Koduri, seorang desainer prosesor Apple, Jim Keller, yang mendesain prosesor Apple A4, A5, dan A5X ini juga menyeberang ke AMD. Jim Keller sendiri sebelumnya memang bekerja di AMD dan berjasa dalam pengembangan prosesor AMD generasi K8 atau Hammer.

Raja Koduri resmi bergabung ke Apple pada bulan April 2009 lalu sebagai bagian dari upaya Apple untuk membangun dan merancang chip prosesor dan grafis sendiri untuk smartphone dan tablet sehingga lahir generasi prosesor Apple seri A. Apple selama ini bergantung pada desain chip Intel untuk jajaran produk Mac.

Sebelum bergabung ke Apple, Raja Koduri menduduki posisi sebagai Chief Technology Officer di AMD Graphics. Menurut informasi dari beberapa orang terdekatnya, Raja Koduri akhirnya menyeberang ke AMD setelah persuahaan pembesut kartu grafis Radeon ini membujuknya.

Langkah AMD untuk menarik kembali orang-orang yang ahli dibidangnya yang dulu pernah bekerja di AMD ini tak terlepas dari upaya AMD untuk memperbaiki posisi mereka di pasar. AMD saat ini bersaing dengan Intel yang telah medominasi pasar PC. Sedangkan pasar grafis, AMD berhadapan dengan Nvidia.

Seperti yang dilansir dari CNET (19/04/2013), kembalinya Raja Koduri ke AMD memang tidak langsung berdampak pada persaingannya dengan Intel dan Nvidia, tapi setidaknya ini cukup berarti bagi AMD untuk jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda