Scroll to Top

IBM Jual Bisnis Server x86 pada Lenovo?

By Ditya / Published on Saturday, 20 Apr 2013

IBM

IBM dikabarkan akan menjual bisnis server berbasis x86 kepada Lenovo dengan nilai akusisi sekitar US $2,5 miliar. Kabarnya, Lenovo sedang dalam proses pembicaraan untuk membuat kesepakatan pembelian bisnis server x86 milik perusahaan yang kerap dijuluki “Big Blue” ini.

Kabar yang cukup mengejutkan beredar, yakni IBM yang dikabarkan akan segera menjual bisnis server kelas low-end yang berbasis prosesor x86 pada perusahaan PC asal China, Lenovo. Nilai akusisi bisnis server x86 IBM oleh Lenovo dikabarkan mencapai US $2,5 mliar.

Kabar akusisi bisnis server x86 IBM oleh Lenovo dengan nilai akusisi senilai US $2,5 miliar ini berasal dari Bloomberg. Saat ini, bisnis server berbasis prosesor x86 IBM dinilai tidak berjalan dengan baik, sehingga penjualan bisnis server x86 pada Lenovo ini dinilai cukup tepat.

Lenovo dan IBM memang memiliki pengalaman akusisi yang cukup baik sebelumnya. Sekitar sembilan tahun lalu, IBM memutuskan untuk menjual bisnis PC konsumen pada Lenovo dan kini perusahaan yang berbasis di China ini telah tumbuh dan menduduki posisi kedua di pasar PC. Brand ThinkPad yang legendaris juga berpindah dari IBM ke Lenovo.

Tak puas dengan hasil yang dicapai di pasar PC, Lenovo saat ini mulai mengembangkan pasar dengan merilis produk mobile, seperti smartphone dan tablet. Jika Lenovo memang mengakuisisi bisnis server x86 IBM, tentu perusahaan ini akan memperluas cakupan pasar server.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (19/04/2013), Lenovo mengatakan kepada investor mereka bahwa saat ini pihaknya dalam negosiasi awal dengan pihak ketiga sehubungan dengan akuisisi potensial. Sayangnya, pihak IBM tak mengonfirmasi hal ini.

Lenovo sebelumnya juga gencar dikabarkan akan mengakuisisi Research In Motion (RIM) yang kini berganti nama menjadi BlackBerry. Sayangnya, kabar ini juga belum ada kelanjutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda