Scroll to Top

Amazon Luncurkan Program @author Di Twitter

By Aisyah Indarsari / Published on Wednesday, 07 Sep 2011

Jika Anda penggemar buku-buku best seller maupun novel, dan mungkin Anda selalu ingin dapat berinteraksi dengan para penulis buku-buku tersebut, Anda dapat memanfaatkan fitur baru yang dirilis Amazon.com ini.

Amazon pada hari kamis (1/9) yang lalu meluncurkan program @author, yaitu suatu program dimana Anda dapat berinteraksi dengan beberapa penulis buku ternama yang mungkin menjadi favorit Anda. Anda cukup mengirim tweet sapaan atau mengajukan pertanyaan, dan pasti akan mendapatkan respon dari mereka. Itulah yang mereka janjikan.

@author merupakan program beta yang masih terbatas, yang diaplikasikan pada Kindle dan Amazon Author Pages. Dengan program ini, diharapkan, para penulis ini dapat secara fokus berinteraksi dengan penggemar mereka.

Seperti layaknya artis yang cukup padat dengan jadwal kegiatannya, para penulis pun terkadang tidak cukup memiliki waktu untuk dapat bertegur sapa atau menjawab sapaan maupun pertanyaan dari para penggemarnya.

Jika biasanya di Twitter Anda cukup menggunakan @mention pada akun penulis favorit Anda, tetap saja mereka kewalahan dengan cukup banyaknya @mention yang menyebut mereka dalam tweet, sehingga merekapun kesulitan untuk menjawabnya satu per satu.

Walaupun demikian program ini tidak sepenuhnya bisa dikatakan gratis.  Karena Anda setidaknya harus sudah pernah melakukan transaksi di Amazon untuk dapat berpartisipasi di program @author ini.

Jika menggunaan Kindle, Anda dapat menandai bagian tertentu pada buku favorit Anda, dan menanyakan kepada penulisnya tentang pertanyaan Anda tentang bagian tertentu tersebut. Anda cukup menuliskan pertanyaan sepanjang 100 karakter atau kurang, dimulai dengan @author (seperti contohnya @susanorlean, dsb).

Ide ini cukup unik untuk diaplikasikan di Indonesia. Mengingat beberapa waktu terakhir ini banyak sekali bermunculan penulis buku bermutu dan kegiatan membaca sudah menjadi suatu hobi yang banyak peminatnya. Sebuat saja Andrea Hirata dengan buku best sellernya Laskar Pelangi.

Jika terjalin interaksi yang cukup baik diantara mereka (penulis dan pembaca), akan lebih banyak lagi pelajaran dan ilmu yang dapat penulis bagikan untuk pembaca semua, disamping konten yang sudah tercetak dalam buku mereka tentunya.

Bagaimana menurut Anda? Cukup penting untuk diaplikasikan di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda