Scroll to Top

Minyak Kelapa Dapat Kontrol Kadar Kolesterol dan Gula Darah

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 07 Sep 2011

Begitu banyak manfaat dari pohon kelapa yang tumbuh subur di daerah tropis, termasuk Indonesia.  Air kelapa bisa dijadikan pengganti cairan tubuh alami. Batoknya sering dijadikan pengganti arang atau bahan kerajinan. Batangnya digunakan untuk kayu jenis glugu. Daunnya tidak jarang dimanfaatkan untuk atap rumah sederhana.

Selain itu, minyak kelapa ternyata memiliki khasiat yang tidak kalah manjurnya. Kandungan minyak kelapa yang berupa lemak jenuh, mampu menaikkan kadar kolesterol HDL, yang merupakan jenis kolesterol baik. Keberadaan HDL dapat menekan penumpukan kolesterol jahat penyumbat pembuluh darah, yaitu jenis LDL. Sekaligus, minyak kelapa memberikan antioksidan cukup banyak. Tidak kalah hebatnya dengan khasiat minyak zaitun.

Lemaknya tidak membuat Anda gemuk. Karena, di dalamnya mengandung medium trigliserida yang justru membantu menurunkan berat badan. Lemak dan kandungan lainnya malah mempermudah penyerapan kalsium dan magnesium. Jadi, mengonsumsi minyak kelapa baik bagi kesehatan tulang.

Buat penderita diabetes, meminum minyak kelapa dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Karena, minyak ini mampu meningkatkan sekresi insulin dan kegunaan glukosa.

Satu lagi, minyak kelapa dapat meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Kandungan lemak antimikrobial, asam lauric, asam kaprik, dan asam kaprilik di dalamnya, berguna sebagai antijamur, antibakteri, dan antivirus. Jadi, jika ada kuman yang mengancam kesehatan tubuh bisa segera dilawan zat tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda