Scroll to Top

Cara Alami Meningkatkan Kesuburan

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 06 Sep 2011

Memiliki anak adalah harapan sebagian besar pasangan yang telah menikah. Kehadirannya sangat ditunggu sebagai penerus keturunan. Sampai-sampai, pasangan yang belum dikaruniai anak, banyak yang mencari berbagai alternatif cara agar sang istri bisa segera hamil.

Faktor pencetus kehamilan cukup beragam. Meski begitu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menambah kesuburan untuk pasangan, terutama kesuburan wanita. Cara ini terbilang alami. Dikutip dari MSN, ada empat cara yang bisa ditempuh.

  • Kafein wajib dikurangi

Tahukah Anda? Kesuburan wanita bisa menurun karena kafein. Tidak hanya dari kopi, kafein bisa ditemukan pada teh hitam, teh hijau, coklat, dan soda. Kalau konsumsi kafein melebihi 300 miligram per hari, dapat  berpengaruh pada risiko ketidaksuburan.

  • Terapi  akupuntur

Terapi tusuk jarum ini dapat meningkatkan kemungkinan kehamilan sampai dua kali lipat. Diduga pula, aliran darah menuju ovarium dan uterus menjadi lancar. Hormon tubuh turut bekerja lebih optimal. Temuan ini berdasar publikasi dalamJurnal Fertilitas dan Sterilitas yang dilansir Mei 2006.

  • Idealkan berat badan

Hormon dapat terganggu saat seseorang mengalami obesitas. Wanita yang obesitas memiliki risiko pada kesuburan dan dapat menimbulkan komplikasi selama kehamilan. Diabetes, sakit jantung, dan hipertensi bisa pula menjadi pemicu itu semua. Dan, wanita gemuk sulit menjalani perawatan kesuburan.

Begitu pula jika kondisi berat badan kurang ideal. Tubuh kurus juga berpengaruh pada sulitnya pembuahan sel telur. Bahkan, sebagian wanita kurus mengalami masalah datang bulan, seperti haid tidak teratur atau berhenti haid. Meski haid tidak teratur bukan pertanda tidak subur, namun jika sampai haid berhenti maka kemungkinan terjadinya pembuahan juga kecil.

  • Berjalan  30 menit setiap hari

Olahraga ringan ini bermanfaat cukup banyak. Misalnya, mampu mengatasi keluhan diabetes, jantung, dan penyakit lain yang berpengaruh pada kesuburan. Berat badan bisa dijaga untuk meningkatkan kesuburan. Jadi tidak ada salahnya menyisihkan  30 menit untuk jalan kaki setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda